oleh

Logos: Sebagai Partai Ideologis, Diklat Kader Sangat Penting

-Berita Terkini-7 kali dibaca

SIDOARJO – Kepala Badiklatda PDI Perjuangan Jawa Timur Bambang Juwono membuka Pendidikan Kader Pratama yang digelar DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, Jumat (27/10/2017) malam.

Acara penggemblengan ideologi Partai yang diikuti 86 peserta ini berlangsung di Pusdiklatda Argasonya Pramuka Jawa Timur, Balungbendo, Sidoarjo.

Bambang Juwono menyebutkan, DPC PDIP Sidoarjo merupakan DPC ke-10 yang sudah menggelar diklat kader pratama.

DPC lain yang sudah melaksanakan agenda Partai di bidang kaderisasi ini, di antaranya Banyuwangi, Kabupaten Probolinggo, Kab Mojokerto, Kab dan Kota Kediri, Kab Blitar, Ngawi, dan Tuban.

Baca: Mulai Hari Ini, DPC PDIP Sidoarjo Gembleng Kualitas SDM Kader

Politisi yang akrab disapa Logos ini menyatakan, kegiatan kaderisasi semacam diklat kader pratama merupakan agenda yang sangat penting bagi PDI Perjuangan.

Sebab, pada Kongres di Bali tahun 2010, PDI Perjuangan sudah mencanangkan tetap di jalan ideologis.

Sebagai partai ideologis, jelas Logos, khususnya bagi petugas partai di legislatif dan eksekutif, dalam membuat kebijakan harus sejalan dengan ideologi PDI Perjuangan.

Bagi kader umumnya, tambah dia, harus bisa jadi teladan atau panutan. “Paling tidak di lingkungannya, kader PDIP harus jadi teladan, baik di keluarga maupun di kampungnya,” ujar Logos.

Pria yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini menambahkan, soal tafsir Pancasila tidak ada yang lain, harus berpedoman pada pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945.

“Karena itu, kader harus membaca pidato Bung Karno 1 Juni. Isi pidato itu wajib dipahami kader PDI Perjuangan,” tegasnya.

Pembukaan diklat kader pratama dihadiri fungsionaris Badiklatpus, Badiklatda Jatim, jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Sidoarjo dipimpin Tito Pradopo, serta anggota Fraksi PDIP DPRD setempat. (goek)

rekening gotong royong