oleh

Legislator Surabaya: Serapan Anggaran 2016 Lebih Baik Ketimbang 2015

SURABAYA – Anggota Komisi C DPRD Surabaya Sukadar mengapresiasi jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait serapan anggaran selama 2016. Sampai jelang tutup tahun, serapan APBD 2016 sudah mencapai 84,4 persen.

Salah satu di antaranya yang mencapai peningkatan progres adalah Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang (DPU CKTR). Per tanggal 27 Desember 2016 serapan anggaran di Dinas PU Cipta Karya sudah mencapai 99 persen lebih atau hampir 100 persen.

“Untuk Cipta Karya serapannya sangat bagus. Kalaupun masih kurang sedikit saya optimis akhir Desember dapat terpenuhi,” ujar Sukadar di Gedung DPRD Kota Surabaya, Rabu (28/12/2016).

Pun untuk Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPU BMP), menurut Sukadar, serapan anggaran tahun ini juga menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Sampai 27 Desember sudah mencapai 73,34 persen.

“Untuk periode yang sama pada tahun sebelumnya, serapan Dinas PU Bina Marga hanya mencapai 62 persen,” jelas pria yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya ini.

Meski baru mencapai 73,34 persen, DPUBMP optimistis penyerapan anggaran tahun ini bisa mencapai 81 persen. Karena hingga saat ini masih banyak serapan yang belum dilaporkan.

Dia mencontohkan sejumlah pembebasan lahan yang sudah dibayar namun belum dilaporkan dalam surat pertanggung jawaban (SPJ). Menurutnya, beberapa pembebasan lahan yang sudah dibayar, belum dilaporkan dan belum di-SPJ-kan.

“Jadi masih banyak penyerapan yang belum dilaporkan. Namun DPUBMP siap melaporkan dengan target penyerapan sampai 81%, sampai dengan tanggal 30 Desember 2016,” tambahnya.

Secara umum, pihaknya menilai serapan APBD TA 2016 untuk seluruh SKPD lebih baik ketimbang 2015 , yakni terjadi peningkatan sekitar 23%. Serapan terbaik terjadi di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang yakni 99,85%.

“Kita patut memberikan apresiasi kepada Dinas Cipta Karya, karena SKPD-nya di tahun 2016 ini sangat baik,” ujar legislator yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini. (goek)