oleh

Kyai Sepuh Siap Kawal dan Amankan Kemenangan Gus Ipul-Puti

JEMBER – Para kyai sepuh dari pondok pesantren (ponpes) besar di Jawa Timur bakal all-out mengantarkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Mereka juga siap mengawal pasangan nomor urut 2 ini, sesuai amanah para kyai dan ulama, untuk memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti.

Penegasan ini disampaikan para kyai, yang memimpin kampanye berupa doa akbar dan istighotsah untuk pasangan Gus Ipul-Puti Guntur, di Kampung Jakcloth, Jember, Minggu (15/4/2018).

Baca juga: Doa Alumni Ponpes Besar Ini Khusus untuk Kemenangan Gus Ipul-Puti

Doa akbar dan istighotsah bertajuk ‘Mengetuk Pintu Langit’ ini dibanjiri puluhan ribu warga yang datang dari kawasan Tapal Kuda, meliputi Jember, Lumajang, Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso, dan daerah-daerah sekitarnya.

“Sesuai amanah kyai dan ulama, bahwa untuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim adalah Gus Ipul dan Mbak Puti. Tidak ada calon lain,” tandas KH Anwar Iskandar, pengasuh Ponpes Al Amin, Ngasinan, Kediri.

“Keduanya cermin kekuatan agama dan nasionalis. Karena negara kuat, jika dijaga dua kekuatan itu,” tambah Kyai Anwar.

Dia menjelaskan, Gus Ipul adalah cicit (alm) KH Bisri Syansuri, salah seorang pendiri NU, ulama besar, mantan Rais Aam PBNU. Gus Ipul adalah santri, mantan Ketua Umum GP Ansor, dan sekarang Ketua PBNU.

Sedangkan Puti adalah putri Guntur Soekarno. Politisi PDI Perjuangan yang mantan anggota DPR RI ini cucu Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama RI, Bung Karno.

“Pada diri Gus Ipul-Mbak Puti, kami melihat Mbah Bisri Syansuri dan Bung Karno,” ujar Kyai Anwar.

Penegasan serupa disampaikan KH Kholil As’ad dari Situbondo. Pengasuh Ponpes Walisongo ini menegaskan siap mengamankan perintah kyai dan ulama terkait Pilkada Jatim 2018, untuk mengantarkan Gus Ipul-Puti sebagai Gubernur Jatim dan Wakil Gubernur Jatim.

“Gus Ipul adalah calon gubernur yang amanah. Para santri, warga NU, Muslimat, Fatayat, Ansor harus bersatu mendukung,” tegas Kyai Kholil.

Gus Ipul yang datang bersama istrinya, Fatma Saifullah Yusuf mengaku terharu dengan dukungan para ulama serta kehadiran puluhan ribu jamaah dari sejumlah daerah untuk memberikan dukungan serta doa bersama.

“Saya dan Mbak Puti berkomitmen untuk membawa Jatim menjadi lebih baik dan jika diberi amanah memimpin, Insya Allah melaksanakan tugas untuk kepentingan rakyat,” ucap Wagub Jatim dua periode yang sedang izin cuti tersebut.

Sedang Puti yang datang bersama sejumlah pengurus PDI Perjuangan itu melantunkan shalawat yang dibawakannya bersama ribuan ibu-ibu Muslimat dan Fatayat Jember.

Puti mengatakan, Gus Ipul dan dirinya punya mandat untuk merajut Merah-Putih, membawa spirit kebangsaan. “Kami berdua juga punya komitmen untuk memperluas kesejahteraan di Jawa Timur,” kata Puti. (goek)