oleh

Kusnadi: Bisa Jadi Gus Ipul-Anas Didukung 5 Parpol

SURABAYA – Setelah mendeklarasikan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas sebagai Cagub-cawagub Jawa Timur, PDI Perjuangan menyebut bakal ada tiga partai politik yang akan bergabung.

Selama ini, baru dua partai yang mengusung Gus Ipul-Anas, yakni PDI Perjuangan dan PKB. Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi, bisa jadi lebih dari lima parpol yang bakal merapat dukung Gus Ipul-Anas.

“Tapi saya belum bisa sampaikan sekarang, kita tunggu saja nanti,” kata Kusnadi, kemarin.

Pria yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur ini menyebut, parpol yang bakal berkoalisi itu sudah berkomunikasi dengan PDI Perjuangan dan PKB selaku partai pengusung duet Gus Ipul-Anas.

“Saat komunikasi, kita ajak mereka bergabung. Sudahlah, ayo kita gabung bersama-sama untuk membangun Jatim. Tapi sekali lagi, saya gak berani nyebut, karena itu domainnya ketua partai,” ucapnya.

Sementara itu, calon gubernur Gus Ipul membenarkan akan ada sejumlah parpol bakal bergabung bersama PKB-PDIP di Pilgub Jatim. Namun Gus Ipul mengaku tak berwenang untuk menyampaikan parpol tersebut.

“Biar itu nanti disampaikan masing-masing ketua partai, tapi memang sudah ada komunikasi dengan parpol itu,” ujar Gus Ipul.

Sampai saat ini, pasangan Gus Ipul-Anas diusung PDI Perjuangan dan PKB-PDIP, yang kursi kedua parpol tersebut di DPRD Jatim sebanyak 39 kursi. Lebih dari cukup untuk mengusung cagub/cawagub di Pilgub Jatim nanti.

Untuk bisa mengusung kandidat, parpol harus memiliki 20 kursi sebagai syarat untuk bisa mengusung pasangan calon di Pilgub Jatim 2018.

PKB sendiri merupakan partai pemenang di Jatim dengan perolehan 20 kursi di DPRD Jatim. Sedang PDI Perjuangan adalah partai pemenang kedua dengan perolehan 19 kursi. (goek)

rekening gotong royong