Ketua DPC Gresik Serahkan Beasiswa PIP Jalur Aspirasi Guruh Sukarno Putra

 29 pembaca

GRESIK – Ketua DPC PDI Perjuangan Gresik, Mujid Riduan SH menyalurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2021 untuk puluhan pelajar setempat.

Mujid Riduan kepada para wali siswa berpesan, agar beasiswa tersebut digunakan sesuai peruntukannya. Yakni untuk keperluan penunjang sekolah anak-anak.  

“PIP sebagai program beasiswa pendidikan dari Pemerintah Pusat. Atas nama DPC PDI Perjuangan Gresik, kami berharap beasiswa ini dimanfaatkan betul, jangan sampai anak-anak kita putus sekolah,” kata Mujid Riduan yang juga Wakil Ketua DPRD Gresik ini.

Penyerahan beasiswa dilaksanakan Sabtu (12/09/2021) dihadiri anggota Komisi A DPRD Provinsi Jatim Andi Firasadi SH, wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Gresik Mega Bagus Saputra, Tenaga Ahli Guruh Sukarno Putra, Didik Nurhadi SIP dan Sekretaris DPC Repdem Gresik Achmad Hilmi ST.

Didik Nurhadi kepada wali siswa menjelaskan teknis pencairan beasiswa. Tahun ini, kata aktivis yang juga Sekretaris DPD Repdem Jatim tersebut, ada dua surat keputusan (SK) pencairan. Yakni, SK pemberian dan nominasi. Untuk penerima SK pemberian bisa langsung mencairkan di bank dengan membawa kelengkapan dokumen kesiswaan dan dokumen kependudukan wali siswa.

Dokumen lain yakni nomor rekening serta akun virtual dari tiap siswa. Dokumen ini diterbitkan pemerintah pusat dengan kewenangan penyalurannya melalui Guruh Sukarno Putra sebagai pengusul calon penerima beasiswa melalui jalur aspirasi DPR.

Achmad Hilmi pada kesempatan itu mengatakan, para pelajar penerima beasiswa, tercatat sebagai warga Kecamatan Gresik dan Kebomas. Para pelajar atau wali siswa, sebelumnya, mengajukan permohonan beasiswa kepada pemerintah melalui aspirasi Guruh Soekarno Putra. “Kami menjembatani dan meneruskan aspirasi warga. Alhamdulillah, terealisasi,” katanya.

Salah satu penerima PIP, Rizki Dwi Oktavia mengaku berterima kasih atas adanya beasiswa PIP. Sebab, di tengah pandemi kebutuhan anak terus meningkat dan meringankan beban kebutuhan sehari-hari. Apalagi, sebagai single parents, ia merasa terbantu dengan adanya beasiswa tersebut.

“Alhamdulillah sangat senang sekali ada beasiswa PIP. Kami ucapkan terima kasih kepada PDI Perjuangan dan pemerintah khususnya,” ucapnya.

Adapun beasiswa PIP dengan besaran nominal berbeda. Beasiswa PIP untuk siswa SD Rp 450 ribu, untuk siswa SMP Rp 750 ribu dan untuk SMA/SMK Rp 1 juta. (hs)