oleh

Kader di Bojonegoro Berdayakan Ibu-ibu Rumah Tangga Tanam Jahe Gajah

-UMKM-39 kali dibaca

BOJONEGORO – Semangat untuk memberdayakan perekonomian ibu-ibu rumah tangga dilakukan salah seorang kader di Bojonegoro. Caranya, dengan memberikan bibit tanaman jahe gajah untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing.

Adalah M Asep Awaludin, kader Partai yang kesehariannya sebagai tenaga ahli Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bojonegoro. Belakangan waktu, ia mengajak para ibu-ibu di sejumlah desa untuk memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing guna ditanami jahe.

Menurut Asep, sejauh ini sudah ada seratusan ibu-ibu dari sejumlah desa dan kecamatan yang menanam jahe. Sementara untuk penanaman menggunakan polybag.

“Tersebar di Desa Siwalan Kecamatan Sugihwaras, Desa Bubulan Kecamatan Bubulan, dan Ngumpakdalem  Kecamatan Dander,” jelas Asep, Kamis (7/4/2022).

Tujuan Asep mengajak para ibu-ibu, setidaknya ada penghasilan tambahan bagi para ibu-ibu kelak pada saat panen.

“Tujuannya untuk memanfaatkan pekarangan rumah ibu-ibu, sekaligus sebagai tabungan ibu-ibu,” katanya.

Jahe gajah atau dikenal dengan jahe putih, di sejumlha tempat memiliki nama berbeda. Diantaranya jahe badak, jahe kuning besar, atau jahe kombongan. Jahe jenis ini memiliki rimpang yang besar, dengan serat yang lebih lembut.

Jahe gajah umumnya dikonsumsi saat masih muda untuk bumbu masak. Pada usia muda, aroma jahe gajah masih lembut dengan rasa tidak terlalu pedas. (jen/hs)