Juara Dua Festival UMKM Merah Putih, Bunda Rita Dorong UMKM Ponorogo Perluas Pangsa Pasar

 22 pembaca

PONOROGO – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Ponorogo meraih juara dua dalam Festival UMKM Merah Putih yang diadakan di Kota Madiun, mulai tanggal 5-7 Agustus 2022 kemarin, di lapangan Pelti Kota Madiun.

Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita, menjelaskan, pada festival tersebut selain untuk mengenalkan produk unggulan UMKM Ponorogo, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan UMKM Kota Madiun.

“Alhamdulillah, UMKM Ponorogo dapat juara kedua. Kita juga manfaatkan sharing dan menjalin kerja sama agar produk UMKM Ponorogo bisa masuk di etalase pasar di wilayah Kota Madiun. Alhamdulillah, Pak Walikota Madiun setuju, dan mau memfasilitasi,” ujar Lisdyarita, Senin (8/8/2022).

Menurutnya, UMKM merupakan salah satu ladang usaha unggulan di Kabupaten Ponorogo. Apalagi, perkembangan UMKM di Ponorogo saat ini juga sudah ada kerja sama antara pelaku UMKM dan para pelaku usaha.

Baca juga: Lisdyarita Imbau IKM Pertahankan Kualitas Produksi

“Ini akan sangat membantu bagi para pelaku UMKM agar produknya bisa dipasarkan ke pangsa pasar yang lebih luas. Tidak hanya di Ponorogo saja, bisa lebih luas bisa menjangkau secara nasional maupun internasional,” jelasnya.

Karena itu, pengembangan UMKM menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo agar terus maju dan mencapai target lebih tinggi.

“Bila UMKM di Ponorogo semakin maju maka secara otomatis akan semakin bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Selain itu, hasil produksinya juga kita bantu pemasarannya,” terang Wakabid Ekonomi DPC PDI Perjuangan Ponorogo itu.

Bunda UMKM itu juga menambahkan, dengan cara demikian diharapkan UMKM di Ponorogo bisa lebih maju, sehingga nantinya bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak.

“Dengan mendukung UMKM berarti itu merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat,” pungkasnya. (jrs/set)