oleh

Jokowi-Ma’ruf Efektif Kampanye Pilpres di Desember-Januari

JAKARTA – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ahmad Basarah mengatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 ini akan intensif berkampanye pada Desember 2018 dan Januari 2019.

“Nanti sekitar bulan Desember-Januari saya kira intensitas kampanye kedua capres cawapres kita tersebut akan lebih intensif keliling ke berbagai daerah,” kata Basarah, saat di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, kemarin.

Wakil Sekjen PDI Perjuangan ini mengatakan, saat ini direktur kampanye TKN Jokowi-Ma’ruf Amin tengah menyusun jadwal kampanye. Rencananya dalam waktu dekat jadwal tersebut segera dirilis Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir.

“Sedang kita atur jadwal Pak Jokowi dan jadwal Kiai Ma’ruf Amin. Dalam waktu dekat Pak Erick Thohir akan mengumumkan jadwal kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin,” jelasnya.

Kedepannya saat jadwal sudah terbentuk, masing-masing capres dan cawapres ini akan berkampanye sesuai dengan pemetaan yang telah ditetapkan TKN Jokowi-Ma’ruf. Jokowi yang diposisikan mewakili golongan nasionalis akan berkampanye di kalangan pemilih nasionalis.

“Kiai Ma’ruf Amin sebagai ulama besar, sebagai ketua MUI mewakili golongan Islam kita harapkan beliau banyak bersilaturahmi, berkampanye dengan masyarakat Islam di seluruh Indonesia,” paparnya.

Hal tersebut tidak menutup kemungkinan keduanya akan saling melengkapi dan melakukan kampanye dalam ranah yang berbeda.

“Jadi Pak Jokowi pun akan berkampanye di kalangan Islam dan sebaliknya Kiai Ma’ruf Amin sebagai tokoh NU, sebagai Islam kebangsaan juga akan berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan masyarakat dari golongan kebangsaan,” tambah dia.

Wakil Ketua MPR RI ini menambahkan, saat ini Jokowi maupun Ma’ruf Amin masih fokus dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing sebagai kepala negara dan ketua MUI.

“Diusahakan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin akan menemui, bersilaturahmi dengan seluruh masyarakat Indonesia di seluruh wilayah. Cuma dari aspek teknis karena negara Indonesia ini begitu besar maka akan dibagi zona kampanye Pak Jokowi dan zona kampanye Kiai Ma’ruf Amin,” imbuhnya. (goek)