oleh

Jokowi Bakal Hadiri Peringatan HUT ke-44 PDI Perjuangan

-Berita Terkini-9 kali dibaca

JAKARTA – PDI Perjuangan memperingati hari kelahirannya yang ke-44, Selasa (10/1/2017). Dipastikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-44 PDI Perjuangan yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat ini.

Presiden ke-7 RI ini akan memberikan sambutan. Jokowi juga dijadwalkan akan menerima tumpeng dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Presiden akan memberikan sambutan sekaligus memberikan ucapan selamat kepada PDI Perjuangan dan kader partai di HUT ke-44 ini,” jelas Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Perreira di kantor DPP PDIP, Jl Diponegoro, Jakarta, Senin (9/1/2017).

Setelah prosesi potongan tumpengan, Megawati akan mencanangkan gerakan rehabilitasi hutan dan lahan. Presiden ke-5 RI ini juga akan menyerahkan tanaman secara simbolis ke Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Penyerahan tanaman ini menandai gerakan yang bertujuan menjaga lingkungan hidup, dimulai.

Selain Jokowi, peringatan HUT ke-44 PDI Perjuangan ini juga akan dihadiri undangan dari jajaran pimpinan lembaga negara, pimpinan partai politik, kepala daerah yang merupakan kader PDIP, dan calon kepala daerah yang diusung PDIP pada Pilkada Serentak 2017.

“Rencananya ada Wakil Presiden Jusuf Kalla, pimpinan parpol, pimpinan lembaga tinggi negara, pimpinan pers cetak dan elektronik, dan pengamat politik,” kata Andreas yang juga Ketua SC HUT ke-44 PDI Perjuangan.

Sementara, peserta yang berasal dari struktur partai, di antaranya dari unsur DPP Partai, DPD Partai, DPC Partai dan Ranting se-Provinsi DKI Jakarta, anggota DPR dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja.

Andreas menambahkan, Megawati Soekarnoputri akan memberikan arahan kepada seluruh calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Serentak 2017. “Setelah acara partai akan dilakukan pengarahan khusus dari Ibu Ketua Umum,” ujarnya.

Tema HUT PDI Perjuangan kali ini adalah “PDI Perjuangan Rumah Kebangsaan untuk Indonesia Raya.”

Menurut Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah, tema itu menegaskan komitmen bahwa PDIP bertanggung jawab secara moral serta politik untuk tetap menegakkan pilar-pilar Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, demi keutuhan NKRI.

“Ini jawaban terhadap situasi politik yang dihadapi bangsa ini,” kata Basarah.

“PDIP menginstruksikan kepada seluruh kader partai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote Ndao, maupun kader-kader partai yang berada di luar negeri, serta mengajak seluruh elemen bangsa untuk bergotong royong menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI sekaligus menjawab tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri,” paparnya. (goek)