oleh

Indah Kurnia dan Gus Miftah Raih Penghargaan Tokoh Publik Inspiratif UMKM

-Inspirasi, UMKM-871 kali dibaca

SURABAYA – Anggota DPR RI Indah Kurnia dan pemuka agama KH Miftah Maulana Habiburrahman atau akrab dikenal sebagai Gus Miftah mendapatkan penghargaan sebagai tokoh publik inspiratif usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Penghargaan diberikan pengusaha muda sekaligus penggagas UMKM Festival Surabaya (UFS) Tom Liwafa, dalam acara UFS gelombang II di Royale Durian, Jalan Ir Soekarno Nomor 88, Surabaya, Jumat (16/4/2022).

Festival diikuti 55 UMKM berlangsung 3 hari berturut-turut dari tanggal 16-18 April 2022. Acara dimulai pukul 16.00 sampai 22.00 WIB.

Menurut Tom Liwafa, Indah Kurnia merupakan salah satu tokoh yang secara konsisten mendukung kemajuan pelaku UMKM. Bahkan saat UMKM diterpa pandemi Covid-19, Indah Kurnia tidak henti-hentinya memotivasi UMKM agar terus bangkit.

“Saya disini melihat Bunda (Indah Kurnia) ini bukan sebagai politisi. Namun bahwa Bunda sudah berpuluh-puluh tahun mendukung pergerakan UMKM sampai saat ini secara konsisten. Itulah yang saya apresiasi dari Ibu Indah Kurnia,” terangnya, Sabtu (16/4/2022).

Tom Lilawa juga mengungkapkan rasa terimakasih atas perhatian dari Indah Kurnia terhadap perekonomian di Surabaya. Dirinya sebagai pemrakarsa festival UMKM menyatakan mendapat banyak bantuan dari wakil rakyat PDI Perjuangan tersebut.

“Rasa terima kasih mendalam kepada Ibu Indah Kurnia, karena mau membantu memajukan perekonomian Surabaya di sini, hingga 55 UMKM bisa berjajar di sini,” tandas Tom Lilawa.

Indah Kurnia pada kesempatan itu menyampaikan, tujuan acara tersebut adalah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat usai beberapa tahun terakhir mengalami krisis akibat Pandemi Covid-19. Menurutnya, saat ini UMKM sudah siap hadir on stage dalam bertransaksi.

“Mengingat kita sudah masuk PPKM Level 1, maka kita pulihkan bersama perekonomian dengan memperkuat UMKM, salah satunya dengan menggelar festival,” terang Indah Kurnia.  

Ia juga meihat adaptasi masyarakat Surabaya yang luar biasa selama pandemi melanda. Terbukti dengan adanya peningkatan signifikan digitalisasi UMKM dari 16% pada 2016, menjadi 44% pada 2021.

Baca juga: Sosialisasi KUR, Indah Kurnia Dorong UMKM Menembus Pasar Ekspor

Politisi senior itu menjelaskan bahwa tahun 2022 adalah waktu yang tepat untuk memulai kembali sirkulasi pertemuan tatap muka antara penjual dan pembeli.

“UMKM adalah sektor yang terbukti mampu membangkitkan ekonomi rakyat tiap Indonesia mengalami krisis, kali ini UMKM juga harus mampu. Maka kita dorong bersama seluruh elemen untuk sinergi,” jelasnya.

Sementara itu, Gus Miftah juga menyampaikan hal yang serupa. Kyai milenial itu menyatakan adanya harapan dalam kebangkitan ekonomi bagi masyarakat.

“Bangkitnya ekonomi Surabaya sudah bukan lagi angan-angan, tetapi menjadi harapan, karena sinergi dari Mas Tom dan Ibu Indah, menjadi langkah nyata mewujudkan keinginan bersama,” tandasnya.

UFS II kali ini menggandeng berbagai elemen seperti Bank Indonesia, hingga perwakilan Pemerintah Kota Surabaya, dan Pemerintah Jawa Timur. (yols/hs)