oleh

Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih Momentum Perkuat Toleransi Beragama

-Sementara Itu...-64 kali dibaca

KOTA MOJOKERTO – Momen Hari Raya Idul Fitri kali ini sangat istimewa karena bersamaan dengan peringatan Kenaikan Isa Almasih. Momen yang sama pernah terjadi ratusan tahun silam dan diperkirakan terulang tahun 2248 mendatang.

“Hari Raya Idul Fitri kali ini begitu istimewa. Saat umat Islam memperingati Hari Raya Idul Fitri, umat Kristen memperingati Kenaikan Isa Almasih,” ujar Ketua DPRD Kota Mojokerto, Sunarto, saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat (14/5/2021).

“Tepat pada hari ini saudara kita umat Kristiani juga merayakan kenaikan Isa Almasih. Semoga kita semua umat beragama saling mengasihi di hari yang istimewa ini. Hari ini bisa menjadi momentum memperkuat toleransi. Semoga Tuhan YME menjaga kerukunan dan persatuan warga Bumi Majapahit khususnya dan Indonesia umumnya,” tambah Sunarto, yang akrab dipanggil Ithok.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kota Mojokerto, Ery Purwanti, mengingatkan pada perayaan dua hari besar bagi muslim dan kristiani ini dapat dilaksanakan sesederhana mungkin tanpa mengurangi kekhidmatannya. Hal ini dikarenakan saat ini kita masih belum keluar dari pandemi Covid-19.

“Saya berharap agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan ibadah hari raya ini. Saat ini kita masih dalam kondisi pandemi, bahkan ada beberapa varian virus yang baru,” kata wanita yang akrab dipanggil Mbak Ery ini.

Seperti diketahui, berdasarkan berbagai penelusuran, perayaan Idul Fitri bertepatan dengan Kenaikan Isa Almasih ini sangat jarang terjadi, karena hanya pernah terjadi pada 1727 Masehi dan 1139 Hijriah.

Setelah tahun 2021 ini, maka kejadian serupa baru akan terulang lagi di tahun 2248 Masehi atau 1676 Hijriah. (rul/hs)