oleh

Hasto: Kritikan ke Ahok Masih Batas Wajar

pdip-jatim-hasto-diwawancara-usai-bedah-bukuJAKARTA– Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berpendapat, kritikan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, masih dalam taraf wajar. Apalagi saat ini menjelang Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dalam era demokrasi, sebut Hasto, setiap pemimpin selalu jadi sorotan. “Itu konsekuensi incumbent, masih batas wajar,” kata Hasto, di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, kemarin.

Dia menilai, seorang pemimpin harus tahan banting terhadap kritikan. Justru dengan serangan tersebut, jelasnya, dapat dibuktikan soal kualitas dan kredibilitasnya.

PDI Perjuangan, tambah Hasto, menghormati apa yang telah diputuskan Ahok untuk maju melalui jalur independen pada pilkada serentak 2017. Yang pasti, tegasnya, PDI Perjuangan sedang melakukan penjaringan dan penyaringan untuk mencari calon yang dapat diterima masyarakat DKI.

Sementara itu, hingga Jumat kemarin, DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta hingga saat ini sudah menerima 36 orang yang mendaftar sebagai bakal cagub/cawagub. Sebagian besar pendaftar merupakan orang eksternal partai. Hanya ada dua kader internal yakni  Audy IZ Tambunan dan Kaspudin Noor yang ikut mendaftar ke DPD DKI.

“Sedangkan Pak Djarot Saiful Hidayat dan Boy Sadikin otomatis namanya masuk karena diusulkan pengurus DPC. Ada 5 DPC yang mengusulkan dua nama itu, karena mereka diusulkan maka yang bersangkutan tidak harus mendaftar lagi,” jelas Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono.

Setelah pendaftaran ditutup, lanjut Gembong, pihaknya akan melakukan seleksi administrasi, dan menyerahkan nama-nama yang lolos ke DPP PDIP.

Tahapan selanjutnya, para kandidat akan mengikuti psikotes pada pekan pertama atau kedua bulan Mei.

“Mereka yang lolos psikotes akan mengikuti fit and proper test. Setelah itu partai melakukan survei. Hasil dari tahapan ini yang akan menjadi rekomendasi bagi DPP PDI Perjuangan mengusung pasangan cagub/cawagub DKI,” urai Gembong. (goek)

 

Daftar nama bakal calon gubernur :

  1. Yusril Izha Mahendra
  2. Hasnaeni
  3. Riza Vilano Satria Putra
  4. Teguh Santosa
  5. Hasniati, SH, MH
  6. Idris Khalid Amir
  7. Margono
  8. Sugiman
  9. Mahfud Djaelani
  10. S. Azhari
  11. Edysa Girsang
  12. HM. Tahir Mahmud
  13. H. Dedi Irianto, SH
  14. H. Icu Zulkafril P.
  15. DR. M. Farhat Abbas, SH, MH
  16. Gusjoy S, SH, S.Sos
  17. M. Idrus

 

Daftar Nama Bakal Calon Wagub:

  1. Abdul Rani Rasyid
  2. Harun Al Rasyid
  3. Riyadi
  4. DR. H. Firdaus Djaelani, MA
  5. Beny Mokalu
  6. Marco Kusumawijaya.
  7. Suprapto
  8. H. Adek Efril Manurung, SH
  9. H. Pardi, SH
  10. DR. Syarief Syeh Abubakar, SH, MA
  11. Zainal Arifin.
  12. Audy IZ. Tambunan
  13. Sukimin.
  14. Prof. Akhmad Syakhroza, Phd.
  15. dr. Tohir Abdulkadir
  16. Kaspudin Noor

 

Daftar nama yang mencalonkan Gubernur/Wagub :

  1. H. Lulung
  2. Sandiaga Uno.
  3. Luluk Nurhamidah, M.Si, MPA