Hasto: Kemenangan Ahok-Djarot Perkuat Pemerintahan Jokowi-JK

Loading

JAKARTA– Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaska, kemenangan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 akan memperkuat pemerintahan Joko Widodo.

“Kita semua menyadari kemenangan Pak Basuki-Djarot akan memperkuat pemerintahan Jokowi-JK,” kata Hasto, dalam jumpa pers bersama pimpinan parpol pendukung Ahok-Djarot, di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Hasto menyebutkan, sejak dulu pengembangan Jakarta tidak bisa terlepas dari hubungan gubernur dan presidennya.

Kolaborasi antara Jokowi dan Ahok selama ini, jelas Hasto, sudah menunjukkan semangat yang sama untuk menjadikan Jakarta sebagai kota kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia.

“Pak Jokowi dan Pak Basuki satu napas. Pak Jokowi saat itu melakukan perbaikan-perbaikan, langkah-langkah terobosan untuk transportasi massal sepeti MRT, kemudian waduk Ria Rio dan ini kan kemudian dilanjutkan dengan sangat baik oleh Pak Ahok,” ucap Hasto.

Kesinambungan ini lah yang akan disampaikan pihaknya ke publik. Yakni, bahwa stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi di Jakarta akan jauh lebih baik karena ada hubungan-hubungan kerja yang sebelumnya sudah dilakukan antara Jokowi dan Ahok.

Pada kesempatan itu, Hasto juga menyampaikan soal keputusan Partai Demokrat yang memilih netral dalam Pilkada DKI putaran kedua. Pihaknya menghormati pilihan parpol pengusung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni tersebut.

Meski begitu, dia meyakini para pendukung AHY-Sylvii akan mengalihkan dukungannya ke pasangan Ahok-Djarot. “Di lapangan kita melihat ada arus pergerakan yang sangat kuat dari relawan AHY untuk memberikan dukungan kepada Pak Ahok dan Pak Djoko,” ungkapnya.

Apalagi, tambah Hasto, basis pendukung AHY-Sylvi sebenarnya serupa dengan basis pendukung Ahok-Djarot. Dia menyebut, sebanyak 43 persen pemilih Agus-Sylvi pada putaran pertama lalu merupakan masyarakat berpenghasilan rendah, sama dengan karakter pendukung Ahok-Djarot.

“Sehingga komitmen kita bersama deklarasi (oleh relawan Agus-Sylvi) sudah banyak dilakukan. Pada akhir Maret nanti juga akan ada deklarasi parpol lain untuk Jakarta yang lebih baik,” tuturnya. (goek)