oleh

Hari Kartini di Mata Ketua TP PKK Sumenep

-Kronik-13 kali dibaca

SUMENEP – Hari Kartini yang dirayakan setiap tanggal 21 April memiliki makna spesial bagi Sarinah PDI Perjuangan Sumenep, Nia Kurnia Fauzi. Menurut perempuan yang menjabat Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep itu, RA Kartini adalah seorang pahlawan sekaligus inspirator bagi perempuan dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan hak-haknya.

“Selamat memperingati Hari Kartini, mari kita jaga dan pelihara semangat juang Kartini,” kata Nia, Rabu (21/4/2021).

Nia juga mengajak perempuan Indonesia, khususnya di Kabupaten Sumenep untuk menjadikan Hari Kartini sebagai momentum menjaga dan memelihara semangat juang perempuan dalam meraih kesetaraan, terutama pendidikan.

“Apa yang diperjuangkan Kartini, amat berdampak pada perempuan generasinya dan generasi mendatang, yakni dapat menikmati pendidikan hingga jenjang tertinggi,” jelas Nia.

Perempuan anggota komisi IV DPRD Sumenep itu juga mengingatkan, karena jejak perjuangan dan cita-cita RA Kartini-lah, kaum perempuan tidak lagi menduduki kelas dua. Akan tetapi, perempuan sudah memiliki hak yang sama, kedudukan yang setara dengan laki-laki dalam membangun peradaban.  

“Sehingga perempuan dapat ambil bagian dalam membangun peradaban, dalam pendidikan anak-anaknya dan ikut memajukan bangsanya,” tutur dia.

Nia juga menegaskan, di era sekarang, perempuan harus memiliki kecakapan yang luas. Mereka dituntut paham tentang perkembangan zaman dan teknologi. Sebab, perubahan merupakan keniscayaan sekaligus tantangan yang harus dihadapi.

”Perempuan merupakan makhluk yang istimewa. Dia bisa hamil, melahirkan, dan menyusui. Bahkan perempuan juga memiliki kontribusi besar dalam menyukseskan karir laki-laki,” pungkas Nia (set)

Komentar