oleh

Hadapi Pilgub Jatim, PDI Perjuangan Segera Deklarasi Koalisi

SURABAYA – PDI Perjuangan bersama tiga partai lainnya sepakat dan dalam waktu dekat segera mendeklarasikan koalisi menghadapi Pilgub Jatim 2018.

“PDIP bersama PKB telah sepakat untuk bersama. Dalam waktu dekat, ada kawan kami yang lain, yang juga akan merapat,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari, kemarin.

PDI Perjuangan memang belum resmi mendeklarasikan koalisi dengan PKB. Namun, PDI Perjuangan telah menerima pendaftaran bakal calon gubernur yang juga diusung PKB, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Bahkan, Gus Ipul menjadi satu-satunya bacagub yang mendaftar di PDIP Jatim hingga saat ini. PDIP juga telah menyiapkan empat bakal calon wakil gubernur, yang akan mendampingi Gus Ipul.

Untari menjelaskan, parpol yang nantinya akan bergabung ini juga telah menyepakati penunjukan jabatan yang akan diusung koalisi ini. Salah satu pertimbangan utamanya, perolehan kedua partai yang memang mendominasi dianggap pantas menyandang jabatan tersebut.

“Partai yang nantinya menjadi teman kami ini telah sepakat bahwa gubernurnya dari PKB dan wakilnya dari PDIP,” kata politisi yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Jatim ini.

Menurutnya, apabila perolehan kursi DPRD dari koalisi partai ini digabung, akan menjadi suara mayoritas. “Insya Allah, jumlah kursinya di atas 50 kursi,” ucapnya.

Dia menambahkan, koalisi tak akan berarti apa-apa, tanpa adanya kerjasama maksimal, baik antar parpol maupun dengan calon yang diusung. “Parpol banyak belum tentu massanya banyak. Yang penting, bisa berkerjasama dan memiliki visi yang sama,” pungkas Untari.

Beberapa partai memang telah menunjukkan itikadnya untuk bergabung dengan koalisi PKB-PDIP. Bahkan, 9 dari sepuluh partai telah didatangi Gus Ipul sebagai simbol permintaan dukungan. (goek)