oleh

Gus Falah Serahkan Mesin Sangrai Kopi Senilai Rp 400 Juta untuk UMKM di Lamongan

-Kronik-78 kali dibaca

LAMONGAN – Anggota Komisi VII DPR RI, H Nasyirul Falah Amru, merealisasikan bantuan berbagai alat produksi untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Lamongan. Bantuan untuk menguatkan UMKM yang sempat terguncang akibat kontraksi ekonomi gegara pandemi Covid-19.

Perhatian wakil rakyat dari PDI Perjuangan asal Daerah Pemilihan Jatim X (Lamongan-Gresik) tersebut kepada pelaku UMKM bukan tanpa alasan. Menurutnya, bantuan tersebut untuk merangsang dan membangkitkan kembali sektor perekonomian. Salah satu cara dengan memberikan stimulus berupa peralatan produksi.

Gus Falah, sapaan akrab Nasyirul Falah Amru, menyadari betul jika para pelaku UMKM dituntut agar selalu berusaha dan berwirausaha untuk terwujudnya kemandirian. Kali ini, bantuan diberikan kepada UMKM yang menyasar target pasar kalangan milenial. Dimana tren pada saat ini, anak-anak muda milenial di Lamongan gandrung “ngopi”.

“Untuk itu, kami menyerahkan mesin roasting (sangrai) kopi hasil kegiatan Difusi Teknologi dan Inovasi untuk UMKM bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional sebagai mitra kerja kami di Komisi VII DPR RI,” kata Gus Falah.

Mesin sangrai kopi diberikan kepada UMKM sebanyak dua unit. Gus Falah menyebutkan, untuk bobot per unit masing-masing 200 kilogram. Dengan kapasitas 5 kilogram dan 2 kilogram biji kopi.

“Untuk estimasi harganya kisaran Rp 400 jutaan,” beber Gus Falah didampingi Pelaksana Harian Ketua DPC Lamongan sekaligus anggota DPRD Jatim, Ida Bagus Nugroho.

Baca juga: Gus Falah Realisasikan Wisata Taman Airlangga Pataan, Lamongan

Karena berat mesin seukuran balita anak gajah, mesin itu diangkut dengan menggunakan pick-up untuk disampaikan kepada pihak UMKM.

Selain itu, Gus Falah menjelaskan, Lamongan memiliki potensi yang sangat luar biasa mulai dari penikmat kopi sampai bahan baku kopi yang tidak terlalu jauh. Sehingga, menurutnya, alat penyangrai kopi sangat dibutuhkan masyarakat para pelaku UMKM.

“Ke depan kita menginginkan, seluruh pelaku UMKM di setiap kecamatan se-Kabupaten Lamongan bisa membikin berbagai macam kegiatan seperti ini,” harap Gus Falah.

Penyerahan mesin roasting kopi dilakukan usai Gus Falah meresmikan destinasi wisata Taman Airlangga Pataan, di Desa Patakan Kecamatan Sambeng, Sabtu (9/10/2021). Taman Wisata Pataan sebagai jawaban atas aspirasi disampaikan warga setempat kepada Gus Falah dalam berbagai kesempatan sebelumnya. (ak/hs)