oleh

Eva: DPD RI Perintah Konstitusi, Tidak Bisa Dibubarkan

JAKARTA – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Eva Kusuma Sundari mengatakan, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tidak bisa dibubarkan.

Bahkan, menurut Eva, justru DPD RI harus diperkuat. Dia percaya, DPD RI juga memberikan kontribusi besar bagi masyarakat, khususnya di daerah.

“Tidak bisa dibubarkan. Karena itu perintah konstitusi,” kata Eva kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin.

Legislator asal dapil 6 Jawa Timur ini menjelaskan, posisi DPD RI itu ada di dalam konstitusi, yakni Undang-Undang Dasar 1945.

Oleh karena itu, sebut Eva, kalau mau membubarkan DPD berarti harus melakukan amandemen UUD 1945.

Dia menyatakan, yang paling rasional adalah DPD RI berbenah diri, bukan dibubarkan. Interopeksi diri perlu dilakukan oleh DPD RI supaya tidak jadi cemoohan dari masyarakat yang menyebabkan orang menginginkan DPD RI dibubarkan.

“Tantangan DPD sekarang adalah lebih kepada bagaimana internal senator membuat mekanisme dan berkinerja baik. Sehingga punya muruah. Ini kan muruah mereka tidak ada yang mengganggu, tapi ganggu diri sendiri kan,” katanya.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini DPD RI tengah menjadi sorotan publik. Sayangnya, bukan karena prestasinya atau kontribusinya kepada daerah, tapi karena perebutan kursi pimpinan DPD RI.

Pimpinan DPD RI lama mengklaim pihaknya masih menjadi pimpinan yang sah. Sementara pimpinan yang baru menegaskan pelantikan Ketua dan Wakil Ketua DPD RI yang baru sah, sehingga ada isu yang menginginkan DPD RI dibubarkan. (goek)