oleh

DPP PDI Perjuangan Gelar Kursus Pancasila untuk Jurnalis

JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan mengadakan kursus politik Pancasila untuk insan pers, di Kantor DPP Partai, Jl Raya Lenteng  Agung No 99 Jakarta Selatan, Minggu (13/8/2017).

Acara digelar Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Pusat DPP Partai mengambil tema, Pancasila: Jiwa dan Kepribadian Bangsa Indonesia. Acara diikuti seratusan jurnalis dari seluruh Indonesia yang menaruh minat pada agenda kebangsaan.

“Dari Jawa Timur ada dua jurnalis yang ikut menjadi peserta,” kata Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim,  Yordan Bataragoa.

Sekjen DPP Hasto Kristiyanto dalam pidatonya membuka acara tersebut mengatakan, tujuan kursus adalah untuk mengembalikan roh dan semangat Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab selama tiga puluh tahun lebih Pancasila direduksi menjadi alat kekuasaan belaka.

Dan tugas untuk pembumian Pancasila sebagai ideologi yang hidup, lanjut Hasto, juga  menjadi tugas dan tanggung jawab media massa sebagai pilar ke empat demokrasi.

“Begitu pentingnya tugas pers dalam tradisi membangun peradaban juga ditegaskan oleh Bung Karno: Ada dua kekuatan yang bisa memberikan terang, yakni matahari dan insan pers,” kata Hasto.

Kursus menghadirkan sejumlah pembicara di antaranya dari kalangan penulis, budayawan, akademisi, hingga sejumlah kepala daerah yang dinilai telah menerapkan Pancasila dalam kebijakan di daerahnya.

Peserta juga diberikan kesempatan yang luas untuk menyampaikan gagasan politiknya tanpa harus berafiliasi dengan PDI Perjuangan. (hs)

rekening gotong royong