oleh

Doakan Paslon No 2, Relawan Jokowi dan Warga Pinggir Hutan Tumpengan

-Berita Terkini-21 kali dibaca

JEMBER – Relawan Jokowi di Jawa Timur menggelar doa bersama dan selamatan di Jember, untuk pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno.

Kegiatan itu dilakukan Masyarakat Peduli Pangan (Mapan) dan Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di Dusun Mandiku, Desa Sidodadi, Tempurejo, Jember, Minggu (24/6/2018).

Doa bersama dan selamatan diakhiri dengan tumpengan itu dilakukan di Posko Perhutanan Sosial, dan dihadiri warga sekitar. “Kegiatan ini untuk mendoakan Gus Ipul-Mbak Puti, agar tetap sehat dan kuat,” kata Wandi, petani di Dusun Mandiku.

Dia mengungkapkan bahwa para warga di kawasan hutan ingin Jawa Timur tetap kondusif, tenang dan damai. “Kami semua sudah sepakat untuk menjalankan hak pilih dalam Pilkada Jawa Timur, 27 Juni nanti,” ujarnya.

Mapan dan Seknas Jokowi adalah organ non-partai politik pendukung Presiden Jokowi yang tetap bekerja pasca Pilpres 2014. Dukungan Mapan dan Seknas Jokowi diberikan dengan menyosialisasikan dan memperkuat program-program Jokowi di masyarakat.

Ketua Seknas Jokowi Jawa Timur, Sapto Raharjanto, yang juga Koordinator Posko Perhutanan Sosial mengatakan, pihaknya telah banyak melakukan aktivitas pendampingan masyarakat melalui posko perhutanan sosial.

“Setelah kami bergerak di Madiun dan Lumajang, kami juga bergerak untuk melakukan sosialisasi program perhutanan sosial sekaligus membuka posko perhutanan sosial di Kabupaten Jember,” terangnya.

Ketua DPD Mapan Jawa Timur Purwadi, menambahkan, posko-posko perhutanan sosial difungsikan untuk memberi pengertian tentang pemanfaatan hutan. Termasuk juga pedoman memperoleh Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) selama 35 tahun.

Kata Purwadi, posko-posko itu penting sebagai pemberdayaan masyarakat. “Di posko bentukan masyarakat, bisa diperoleh informasi-informasi manual dan visual tentang apa yang sudah dilakukan Presiden Joko Widodo terhadap perhutanan sosial,” terang Purwadi.

MAPAN dan Seknas Jokowi mendoakan agar Gus Ipul dan Mbak Puti memperhatikan masyarakat pinggiran. “Seperti yang dilakukan Pak Jokowi, beliau selalu bekerja untuk rakyatnya,” sebut Sapto.

Sementara itu, aksi dukungan terhadap Gus Ipul-Mbak Puti masih mengalir. Terkini, Forum Pemuda Bersatu (FPB) Jawa Timur sepakat menyalurkan aspirasi kepada paslon nomor dua pada 27 Juni 2018 depan.

Kesepakatan memenangkan Gus Ipul-Puti dilakukan jelang masa tenang, tepatnya pukul 21.00 WIB, Sabtu (23/6/2018). Gabungan elemen anak muda dari 10 organisasi kepemudaan Jatim ini memutuskan memilih pasangan nomor urut dua.

Keputusan ini berjalan alot, karena sebagian dari organisasi ini juga mempertimbangkan untuk memilih paslon nomor satu. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya 10 organisasi ini sepakat menentukan Gus Ipul-Puti sebagai pilihan dalam Pilgub Jatim 2018.

Ke-10 organisasi itu, yakni Wira Karya Jatim, Parindra Jatim, Gerakan Masyarakat Santhana Dharma Nusantara Jatim, Perhimpunan Pemuda Gereja Indonesia Jatim, Indonesian Youth Congress Jatim, Pemuda Jatim Pro, Forum Komunikasi Pemuda Kristen Indonesia Jatim, Penggerak Pemuda Indonesia Jatim, Poros Pelajar Santri Indonesia Jatim, dan Sing Seni Jatim.

“Kami melihat Gus Ipul dan mbak Puti yang bias mengakomodir dan mengembangkan kreativitas anak muda di Jatim, makanya kami sepakat memilihnya,” kata Koordinator FPB Jatim, Ahmad Nur Aminuddin. (goek)