oleh

Di Bumi Bung Karno, Whisnu Serahkan Ratusan Beasiswa PIP Aspirasi Guruh

-Kronik-39 kali dibaca

BLITAR – Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Whisnu Sakti Buana bersama Barisan Guruh Soekarno Putra (Bagus) menyerahkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 500 anak dari kader banteng se-Kabupaten Blitar di Prasada Convention Hall, Kanigoro, Jumat (5/8/2022).

Ratusan penerima beasiswa tersebut merupakan anak dari PAC serta ranting Kecamatan Sutojayan, Garum, Talun, dan Nglegok.

Beasiswa hasil jalur aspirasi anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Guruh Soekarno Putra itu menjadi wujud komitmen kader Banteng ikut menurunkan angka putus sekolah akibat kemiskinan.

“Putra-putri jenengan adalah generasi penerus bangsa kita, sehingga harapan besar berada pada mereka. Maka selayaknya anak kita mendapatkan pendidikan yang layak,” ungkap Whisnu Sakti Buana.

Pria yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya periode lalu itu menuturkan bahwa upaya PDI Perjuangan tersebut merupakan amanat dari Bung Karno.

Menurutnya, Bapak Proklamator RI telah mengingatkan pentingnya pemerataan pendidikan dalam pembukaan UUD 1945.

“Bung Karno begitu luar biasanya mengutamakan pendidikan, bahkan sejak saat bangsa ini didirikan. Dalam pembukaan UUD 1945, negara ini akan senantiasa mengupayakan bagaimana putra putri kita menjadi anak yang luar biasa dengan dasar pendidikan,” tuturnya.

Oleh karena itu, Whisnu yang hadir bersama Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, Erma Susanti, dan Guntur Wahono, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Blitar, juga jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar mengajak seluruh anak ideologis Bung Karno untuk bergotong royong melayakan pendidikan anak negeri.

Plh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar menegaskan, tidak boleh ada lagi anak putus sekolah akibat tidak ada biaya.

“Kita bergotong royong menyelesaikan persoalan masyarakat, satu per satu. Dari langkah sederhana, setiap menemui anak putus sekolah karena tidak ada biaya, maka laporkan pada kami, dan tidak mungkin kami biarkan,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar, Suwito menyampaikan bahwa penyerahan beasiswa pendidikan itu akan menjadi energi positif pula untuk terus mendorong kader banteng Bumi Bung Karno terus bergerak.

“Ini adalah hembusan semangat bagi PDI Perjuangan untuk terus bergerak, bagaimana kegotong-royongan yang kita jalin dapat membuahkan manfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Selain itu, acara siang tersebut menjadi bukti sinergitas antara Fraksi PDI Perjuangan di tingkat kabupaten, dengan tingkat provinsi dan pusat.

“Kita sudah mengusahakan seoptimal mungkin untuk masyarakat, tetapi ada yang belum terpenuhi, dari sini, Fraksi PDI Perjuangan di tingkat provinsi dan RI hadir untuk menghandle,” pangkasnya.

Seusai penyerahan beasiswa di Kanigoro, malamnya jajaran PDI Perjuangan Kabupaten Blitar akan menyalurkan beasiswa kepada ratusan santri di Pondok Pesantren Anharul Ulum Kademangan. (yols/pr)