oleh

Dewan Lumajang Ini Wujudkan Tempat Wisata Baru

-Legislatif-106 kali dibaca

LUMAJANG – Kabar gembira untuk wisatawan warga Lumajang dan sekitar. Tempat wisata memadukan keindahan alam dan buatan sedang dibangun di Desa Ranuyoso Kecamatan Ranuyoso.

Pembangunan tempat wisata tersebut buah kerja sama yang apik dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumber Randu Pinus (SRP) desa setempat dengan anggota DPRD Lumajang dari Fraksi PDI perjuangan, Lancar Budi Utomo.

“Tempat wisata ini gagasan kami satu tahun lalu bersama pokdarwis dan masyarakat,” ungkap Lancar Budi Utomo, Sabtu (24/4/2021).

Saat ini, kata dia, pembangunan sudah dimulai. Sedikit demi sedikit, dengan menggunakan dana bersumber dari anggaran daerah hasil jaring aspirasi masyarakat.

Untuk tahap awal ini, lanjut Lancar Budi Utomo, sudah dibangun kolam renang dengan 3 tingkatan. Yakni untuk dewasa, anak-anak, dan untuk balita. “Dan ini tinggal menunggu finishing (penyelesaian) saja, karena sudah 70 persen proses pengerjaannya,” terangnya.

Tak hanya kolam renang, wahana permainan anak-anak, jalur track ATV sepanjang 1,3 km, serta tempat kuliner juga akan dibangun di tempat ini. Untuk kecukupan seluruh wahana tersebut sudah tersedia lahan dengan luas sekitar 25 hektar.

“Nanti juga ada tempat untuk out bound, aula untuk kegiatan masyarakat, dan nantinya juga akan dibangun pusat oleh-oleh khas Lumajang,” tambah Lancar Budi Utomo.

Lebih lanjut, Lancar menegaskan, jika lokasi tersebut digarap dengan serius, maka akan menjadi pariwisata yang spektakuler di Kabupaten Lumajang. Oleh karena itu Lancar meminta dukungan dari seluruh stakeholder, terlebih dari PDI Perjuangan.

“Supaya mendapat dukungan dari kawan-kawan fraksi PDI Perjuangan, baik di daerah, provinsi, maupun di pusat. Sehingga pariwisata terpadu ini segera selesai dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” tutupnya. (ndy/hs)