oleh

Dewan Desak Pemkot Mojokerto Tambah Angkutan Sekolah Gratis

MOJOKERTO – Legislator DPRD Kota Mojokerto mendesak pemerintah kota setempat secepatnya menambah angkutan pelajar gratis.

Desakan ini disampaikan dewan menyikapi banyaknya pelajar SMP terkena tilang karena menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah.

“Dewan sudah mendesak wali kota agar menambah armada angkutan sekolah,” kata Ketua DPRD Kota Mojokerto, Purnomo, Senin (16/1/2017).

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, desakan itu tak lepas dari penggunaan kendaraan bermotor ke sekolah yang cukup tinggi. Hal itu juga diketahui saat kepolisian menggelar oerasi terhadap kalangan pelajar pekan lalu.

“Kondisi itu harus segera disikapi. Paling tidak ada harus percepatan untuk menambah armada angkutan sekolah,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, penambahan armada itu sudah direncanakan dalam APBD 2017. Hal ini untuk menambah armada angkutan sekolah gratis pemberian pemerintah pusat yang sekarang sudah operasional.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto, Gaguk Try Prasetyo kepada wartawan menuturkan jika pengadaan angkutan sekolah gratis masih menunggu lelang. Saat ini Dishub Kota sudah punya duamobil minibus bantuan pemerintah pusat.

“Kita sudah siapkan proses lelang untuk membeli tiga mobil station. Jadi nanti sekalian kita launching lima unit untuk memenuhi kebutuhan para pelajar Kota Mojokerto,” terang Gaguk.

Seperti diketahui, pekan lalu, Kepolisian Resort Mojokerto Kota melakukan operasi lalu lintas yang menyasar pengguna kendaraan bermotor di kalangan pelajar SMP.

Tak kurang dari 56 pelajar terjaring dalam operasi yang digelar di dua lokasi, SMPN 8 dan SMPN 4.

Kesemuanya melanggar aturan lalu lintas. Di antaranya melanggar ketentuan batas umur minimal mengendarai kendaraan bermotor dan kelengkapan berkendara. (goek)