oleh

Daniel Rohi: Dunia Pendidikan Bisa Berkontribusi Selesaikan Problem Bangsa

-Berita Terkini, Legislatif-52 kali dibaca

MALANG – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur mengatakan, lembaga pendidikan punya kontribusi besar dalam ikut mengatasi problem komplek yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

Penegasan itu dia sampaikan saat melaksanakan penyerapan aspirasi masyarakat di Sekolah Charis, Karangbesuki, Sukun, Sabtu (6/3/2021). Acara tersebut bagian dari rangkaian reses Daniel Rohi di dapilnya, Malang Raya.

Di depan peserta reses dari kalangan tenaga pendidikan di wilayah Malang Raya, dia mengungkapkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia terkini. Mulai dari permasalahan intoleransi hingga pandemi Covid-19.

“Sekarang ini Indonesia mengalami banyak problem yang kompleks. Mulai dari kewibawaan negara yang merosot, daya saing yang rendah, intoleransi, dan pandemi Covid-19,” ujar Daniel Rohi.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu juga menyampaikan solusi dalam menghadapi hal tersebut. Salah satunya, adalah kontribusi lembaga pendidikan serta pendidikan yang adaptif dan transformatif. 

“Berbagi permasalahan yang hari ini dihadapi bangsa ini dapat diselesaikan dengan pendidikan. Penguatan kontribusi lembaga pendidikan juga pendidikan yang adaptif dan transformatif,” tegasnya.

Daniel juga menambahkan pendidikan adalah tiang utama kehidupan bernegara sehingga pemerintah tidak bisa membedakan sekolah antara negeri dan swasta. 

“Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan negara yang harus didukung semua pihak. Tanpa memandang dan membeda-bedakan sekolah negeri dan swasta,” tutur dia. (ace)