oleh

Bulan Puasa, Whisnu: Momentum Introspeksi Diri

SURABAYA – Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana mengajak seluruh warga Surabaya untuk tetap menjaga kesehatan. Terutama bagi warga yang akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1441 Hijriah.

Whisnu mengimbau, bagi yang berpuasa supaya tetap menjaga imunitas tubuh. Yakni mengutamakan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang cukup.

“Buah dan sayur yang mengandung vitamin C bisa sebagai pengganti suplemen,” kata Whisnu, Kamis (23/4/2020).

Ramadan sekarang, sebut Wawali yang akrab disapa WS ini, berbeda dibanding tahun sebelumnya. Karena saat ini dalam situasi pemerintah dan rakyat memerangi virus Corona atau Covid-19.

WS mengatakan, warga Surabaya tidak perlu panic buying atau memborong bahan makanan. “Persediaan bisa diestimasi untuk memasak menu berbuka dan sahur,” ujarnya.

Pria yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini juga mengimbau agar masyarakat bisa berbuka dan sahur bersama di rumah saja. Hal itu dilakukan dalam mencegah sekaligus memutus rantai penyebaran virus Corona.

“Intinya masyarakat selama berpuasa tetap menjalankan aktifitas sehari-hari. Namun kalau bisa berbuka dan sahur di rumah saja. Tidak mengadakan aktivitas yang berkerumun atau berada di luar rumah,” kata alumnus ITS Surabaya ini.

WS pun berharap Ramadan kali ini jadi momentum bagi umat Muslim untuk bermuhasabah. Yakni evaluasi atau introspeksi diri dalam segala kebaikan dan kekurangan di dalam kehidupan.

“Berpuasa itu juga menyehatkan. Sekaligus mempertebal keimanan dan ketaqwaan kita sebagai hamba Allah. Selamat menjalankan ibadah puasa. Ojok Batal Yo Rek!” ucap Whisnu. (goek)