oleh

“Blusukan” Jokowi Dinilai Akan Efektifkan Program Pemerintah

pdip jatim - JokowiBlusukan di waduk PluitJAKARTA – Blusukan yang akan dilakukan presiden terpilih periode 2014-2019 Joko Widodo (Jokowi) dinilai akan mampu mengefektifkan kebijakan dan program yang diusung pemerintahan baru Jokowi-Jusuf Kalla nantinya.

Jokowi juga tipe pemimpin yang selalu memastikan bahwa antara policy (kebijakan), rencana dan pelaksanaan harus sejalan. Blusukan itulah cara dia memastikan bahwa apa yang direncanakan benar-benar dilaksanakan di lapangan,” kata Analis Politik Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Arie Sujito, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (25/8/2014), seperti dikutip Antaranews.com.

Dari blusukan itu juga Jokowi mendengarkan suara rakyat sebagai dasar menetapkan kebijakan dan membuat rencana yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga, lanjut Arie, apa yang direncanakan memang betul-betul dibutuhkan rakyat, bukan hanya yang diinginkan pemimpin.

“Kekuatan Jokowi juga terletak pada prinsipnya. Ini model pemimpin yang sedang dibutuhkan bangsa ini, saat banyak pemimpin yang tidak berani mengambil risiko. Maka kekuatan Jokowi bukan hanya pada diri Jokowi sendiri, tetapi juga pada rakyat yang menghendaki pemimpin seperti itu,” tutur Arie.

Keraguan sebagian pihak terhadap kemampuan Jokowi dalam memimpin negara, tambah Arie, sebenarnya sulit menemukan buktinya.

“Bukan hanya soal deretan prestasi Jokowi sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo, dan kemudian Gubernur DKI Jakarta, namun kekuatan Jokowi terletak pada keberaniannya mengambil keputusan,” tuturnya. (Kompas)