oleh

Bersyukur Disambangi Puti, Penyandang Disabilitas Doakan No 2 Pimpin Jatim

-Berita Terkini-9 kali dibaca

JOMBANG – Kalangan disabilitas bersyukur, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno sangat peduli dengan mereka. Para penyandang cacat ini pun mendokan agar pasangan nomor urut 2 ini bisa memimpin Jawa Timur.

“Kami berdoa apa yang diinginkan Gus Ipul dan Mbak Puti dikabulkan Allah SWT, untuk memimpin Jatim,” ucap Sulis, Ketua Ikatan Penyandang Cacat (IPC) Kabupaten Jombang.

Pada Jumat (13/4/2018) lalu, Cawagub Puti Guntur Soekarno menyempatkan waktunya menemui para penyandang disabilitas di lapangan futsal Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang.

Didampingi relawan Pro-Jokowi Projo Jatim yang dipimpin Suhandoyo, para penyandang disabilitas itu merasa bersyukur disambangi calon pemimpin Jawa Timur.

Kehadiran Puti di tengah-tengah penyandang disabilitas menjadi penyemangat tersendiri bagi mereka. “Alhamdulillah cucunya Bung Karno berkenan menyapa kami semua,” ujar Sulis.

Dia mengakui, program yang diusung Gus Ipul-Mbak Puti, sangat memperhatikan penyandang disabilitas.

Pada pertemuan tersebut, Puti mendengarkan keluh kesah mereka. Di antaranya soal banyaknya sekolah negeri di Jawa Timur yang belum menerima siswa inklusi.

Puti berjanji untuk memperhatikan aspirasi mereka. Dia menekankan, pentingnya kebijakan pemerintahan yang memberi ruang keberpihakan bagi warga disabilitas.

Cucu sulung Bung Karno itu juga mengungkapkan, pihaknya telah mendengar bahwa sahabat disabilitas di Jombang mayoritas dari mereka juga memiliki usaha lapak kaki lima. Bahkan ada yang memiliki usaha penyewaan sound sistem.

“Ini bisa bersinergi dengan program kami yang bernama Superstar, yaitu sentra UMKM, Pemberdayaan dan Start Up,” kata Puti.

Program itu, sambungnya, terdapat fasilitas pemberdayaan ekonomi, permodalan, pelatihan hingga pendampingan dan juga koperasi.

“Insya Allah nanti bila saya diberi amanah dengan Gus Ipul memimpin Jawa Timur, program menjadi prioritas kami, untuk sahabat-sahabat disabilitas, masyarakat Jawa Timur,” ujarnya.

Karena itu, dia mohon doa dan dukungan, agar pasangani Gus Ipul dan Mbak Puti terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Selain dengan Projo, di Jombang Puti juga bertemu kelompok relawan GusTi. Ratusan relawan itu tergerak untuk berhimpun sekaligus memenangkan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.

“Kami bergerak di Jombang untuk memenangkan GusTi (Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno),” ujar Ketua Relawan GusTi Jombang, Wulang Suhardi. (goek)