oleh

Bantuan Terakhir Almarhum Taufik Melawan Corona

Almarhum Taufik Hidayat

SIDOARJO – Ratusan paket sembako disebarkan kader-kader PAC Wonoayu kepada anggota partai di tingkatan akar rumput. Tak ketinggalan sejumlah warga yang ekonominya terdampak pagebluk Corona turut kebagian. 

Sejumlah warga pun terhenyak karena bantuan tersebut di-atasnama-kan almarhum Taufik Hidayat, pengurus DPC dan anggota DPRD yang berpulang ke pangkuan Tuhan, awal Mei lalu. Lho koq?

“Iya, bantuan sembako ini memang gotong-royong dari almarhum mas Gandu (panggilan akrab Taufik Hidayat),” ungkap Bendahara DPC Wonoayu, Munir, kemarin.

Beberapa hari belakangan ini, Munir dan rekan-rekannya di kepengurusan PAC Wonoayu, dipimpin langsung oleh Ketua PAC Alex Suwarno, membagikan ratusan paket sembako “warisan” almarhum.  

Menurut dia, sebanyak 350 paket dibagikan untuk para pengurus Ranting. Sementara 117 paket untuk warga yang membutuhkan. “Di dalam paket itu juga ada masker kain,” katanya.

Dari cerita Munir, ratusan paket sembako itu disiapkan almarhum sejak awal April. Sebagian di antaranya telah dibagikan kepada warga pada aksi kemanusiaan pembagian sembako dan penyemprotan disinfektan yang dilakukan pada 12 April. Saat itu almarhum ikut terjun langsung dengan menggunakan kursi roda sebagai penopang tubuhnya. 

“Jadi paket bantuan ini memang sudah disiapkan almarhum sejak sebulan lalu,” kenang Munir.

Hingga pada Minggu (3/5/2020) malam kabar duka itu datang. Taufik Hidayat yang sekira 9 tahun belakangan ini rutin cuci darah menghembuskan nafas terakhirnya. 
Setelah beberapa waktu sejak berpulangnya almarhum, kader-kader PAC dan keluarga almarhum berunding terkait paket sembako yang kini kehilangan tuannya itu. 

“Kami berunding dengan mbak Iva (isteri almarhum) terkait paket sembako tersebut. Kemudian kami bermufakat sembako itu harus dibagikan seperti yang sudah direncanakan almarhum semasa hidupnya,” terang Munir. 

Bahkan, lanjut dia, ada satu program lagi dari almarhum dengan PAC -yang sejak wawancara pdiperjuangan-jatim.com dengan Munir dilakukan- belum dilaksanakan. 

“Bagi-bagi menu takjil belum kami laksanakan. Akan segera kami laksanakan. Ini program rutin tahunan mas Gandu semasa hidupnya bekerjasama dengan PAC,” pungkas Munir. (her)