oleh

Bantu Rumah Roboh Kena Gempa, Kang Giri Ajak Warga Gotong Royong

-Berita Terkini, Eksekutif-48 kali dibaca

PONOROGO – Gempa berkekuatan 6,7 SR yang mengguncang Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) siang, mengakibatkan kerusakan di berbagai daerah, termasuk Ponorogo.

Tembok sisi rumah milik Hadi Purnomo (36) warga RT 002/ RW 001, Desa/Kecamatan Siman roboh dan mengakibatkan posisi rumah menjadi miring.

Mendengar rumah seorang warganya rusak akibat guncangan gempa, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bergerak cepat dengan mendatangi lokasi, Sabtu (10/4/2021) petang. 

Baca juga: Pemkab Tulungagung Siap Perbaiki Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi

Didampingi Dinas Sosial, BPBD, dan Camat, Kang Giri sapaan akrab Sugiri Sancoko meninjau lokasi serta membawa sejumlah bantuan.

Hadi Purnomo si empunya rumah mengatakan, saat terjadi gempa istri dan kedua anaknya yakni Juwita (8) dan Akiva (1) sedang tidur.

Merasakan bumi berguncang, Hadi langsung bergegas keluar rumah. Sejurus kemudian, tiba-tiba atap rumah roboh, disusul bangunan tembok sebelah timur ambruk dan sebelah barat saat ini juga dalam kondisi miring.

Beruntung, Hadi bersama istri dan kedua anaknya bisa menyelamatkan diri. “Untuk sementara kami sekeluarga mengungsi dan menumpang tidur di rumah tetangga,” kata Hadi.

Kehadiran orang nomor satu di Ponorogo meninjau kondisi rumahnya serta memberikan sejumlah bantuan dirasakan Hadi sebagai sebuah hal yang istimewa.

Hadi mengucapkan terima kasih karena telah banyak membantu keluarganya dengan memberikan sembako, alas tidur, selimut, perlengkapan bayi, paket rekreasional maupun yang lainnya.

Sementara, Kang Giri mengatakan, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Tanpa menunggu lama, politisi PDI Perjuangan itu langsung memerintahkan kepada dinas terkait untuk segera menghitung total kerugian dan mempersiapkan bantuan material yang diperlukan.

“Insya Allah, Pemerintah Kabupaten Ponorogo membantu material untuk pembangunan rumah yang roboh milik Hadi Purnomo ini, untuk itu saya minta baik dari Dinsos dan BPBD untuk segera menghitung semua bangunan yang roboh agar bisa terselesaikan untuk menyiapkan material yang diperlukan,” ungkap Kang Giri.

Ia berharap masyarakat sekitar juga ikut bergotong royong membantu pembangunan kembali rumah milik Hadi yang roboh tersebut.

“Tentunya harus dibantu, baik oleh masyarakat sekitar, Kades, Camat saya mohon bisa bersama-sama gotong royong membangun kembali rumah yang roboh milik Hadi Purnomo ini,” pungkasnya. (ant/pr)

Komentar