oleh

Bantu Korban Gempa, PDIP Jatim Kirim Tim Baguna ke Lombok

SURABAYA – PDI Perjuangan Jawa Timur mengirimkan tim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) ke lokasi gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (17/8/2018). Tim kesehatan di bawah komando dr Bayu Utoro ini akan menggelar bakti sosial dan mendampingi para korban pasca terjadinya gempa.

“Baguna Jatim kami perintahkan selama dua minggu mendampingi para korban gempa, menolong mereka, mendampingi mereka agar bisa merasa tertemani,” kata Kusnadi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, saat menjadi inspektur upacara Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, di halaman kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya.

Kusnadi menyebutkan, para keluarga korban bencana di Lombok, NTB, banyak membutuhkan pertolongan kita bersama. “Kita yang tidak bisa datang secara fisik ke sana, mari ikut mendoakan mereka agar kondisinya segera pulih,” ajak Kusnadi.

Politisi yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim ini mengatakan, bagaimana pun juga para korban bencana itu adalah sesama bangsa sendiri. “Selama mereka rakyat Indonesia, mereka adalah saudara-saudara kita,” ujarnya.

PDI Perjuangan, tambah Kusnadi, akan selalu siap mendampingi siapa pun yang membutuhkan bantuan. Sebab, sambungnya, pada hakekatnya mereka adalah sama-sama bangsa Indonesia.

Tim Baguna Jatim yang berangkat ke Lombok berkekuatan 10 personel yang sudah terlatih di berbagai medan bencana. Khusus di NTB, mereka akan mendirikan Posko Dapur Umum dan Posko Kesehatan.

“Kita juga menyiapkan Tim Rescue yang siap saat dibutuhkan,” kata Bayu, sebelum pemberangkatan ke lokasi bencana.

Menurut Sekretaris Baguna Jatim ini, tim dari Jatim akan bergabung dan berkoordinasi dengan elemen penanggulangan bencana lainnya, saat di lokasi.

Sementara itu, upacara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang dimulai sekitar pukul 09.00 ini diikuti ratusan kader PDI Perjuangan di wilayah Surabaya – Sidoarjo. Upacara juga diikuti para caleg, fungsionaris, serta elemen masyarakat lainnya, seperti para tukang becak.

Selesai upacara, Kusnadi dan jajaran pengurus PDIP Jatim lainnya, memotong tumpeng kemerdekaan. Potongan tumpeng lantas diberikan kepada perwakilan tukang becak dan perwakilan satgas.

Sebagaimana tahun sebelumnya, peringatan HUT Kemerdekaan RI di kantor DPD PDIP Jatim dimeriahkan berbagai lomba tradisional, seperti lomba bakiak raksasa, makan kerupuk, dan balap kelereng. (goek)