oleh

Banteng Ponorogo Ini Berhasil Bawa ‘Desa Gila’ ke Ajang Lomba tingkat Provinsi

-Kronik-58 kali dibaca

PONOROGO – Satu lagi kader Banteng Ponorogo, berhasil membawa desanya selangkah lebih maju ketimbang desa lainnya. Adalah Suwendy yang berhasil membawa Desa Paringan yang dia pimpin, ke ajang lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur.

Di level kabupaten, Desa Paringan di Kecamatan Jenangan ini memenangi lomba desa/kelurahan se Kabupaten Ponorogo tahun 2021. Karena itu, desa yang dipimpin Suwendy berhak mewakili Kabupaten Ponorogo maju dalam lomba tingkat provinsi.

“Dengan kemenangan ini, kami harus menyiapkan diri untuk maju ke provinsi. Terima kasih atas dukungannya dan mohon doanya semoga berhasil di provinsi,” ujar Suwendy, yang mantan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Ponorogo ini, Minggu (18/4/2021).

Lomba yang diikuti 307 desa/kelurahan se-Kabupaten Ponorogo ini setelah dilakukan penilaian mulai administrasi, presentasi/pemaparan dan verifikasi lapangan, ternyata Paringan paling unggul.

Keberhasilan Suwendy memimpin wilayahnya dinilai sebagai perjuangan yang luar biasa, mengingat sebelumnya Desa Paringan dicap sebagai ‘Desa Gila’.

Karena 60-an warga dari sekitar 6.500 warga Paringan, mengidap skizofrenia (gila), sehingga di desa tersebut terdapat Puskesmas Pembantu (Pustu) khusus) untuk menangani orang gila.

Pembukaan Pustu khusus beberapa tahun lalu itu, langsung ditangani oleh Kementerian Kesehatan RI. Desa Paringan sekarang mulai dikenal masyarakat luar daerah sebagai salah satu jujugan wisata. (siti noor ainie)