oleh

Atasi Perbedaan, Mbak Puti Ajak Teladani Gajah Mada

-Berita Terkini-5 kali dibaca

SURABAYA – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno menegaskan, kampanye damai merupakan cara untuk bisa mewujudkan gotong royong di tingkat masyarakat bawah.

Menurut Puti, demokrasi adalah mengajak masyarakat untuk berbeda, berkeyakinan yang beda tetapi saling menghormati.

“Perbedaan ini nantinya yang akan membuat Jatim menjadi lebih baik dari sekarang. Mari kita hormati semuanya,” kata Puti dalam pidato kampanye damai di Maspion Square, Surabaya, Minggu (18/2/2018).

Cucu proklamator RI Bung Karno yang akrab disapa Mbak Puti ini menuturkan, di Jatim banyak aktivitas bersejarah yang bisa membangkitkan perjuangan kita bersama.

Di tanah Jatim muncul Hamukti Palapa Gajah Mada atau yang terkenal dengan sumpah Gajah Mada. Patih Majapahit yang berhasil menyatukan nusantara di bawah kekuasaan Majapahit yang adil dan tentram.

Menurut Puti, jika semua mengacu kepada perjuangan Gajah Mada dalam menyatukan nusantara, maka perbedaan yang selama ini menjadi persoalan bisa dihilangkan. Mereka akan mengingat bagaimana sulitnya menyatukan negara ini.

Baca: Kampanye Damai, Massa 4 Parpol Berbaur Iringi Gus Ipul-Puti

“Jatim ini merupakan alam yang menjadi saksi semangat Gajah Mada dalam menyatukan nusantara. Mari kita tiru semangat Gajah Mada menjadi lebih baik,” ujarnya.

Dengan adanya Sumpah Palapa, tambah Puti, Gajah Mada menghormati adanya perbedaan dengan menuntun sikap gotong royong yang harus dimiliki bagi semua masyarakat.

“Hijaunya tanah Jatim, dan berbeda-bedanya warna-warni adalah menunjukkan sikap gotong royong,” tutur Puti.

Sedang Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menegaskan, dirinya bersama dengan Puti  sudah berkomitmen untuk menjunjung tinggi pelaksanaan kampanye damai.

Hal ini sudah tercermin dengan sikap gotong royong yang terus dibangun dalam proses pemilihan saat ini. Menurut dia, dengan melakukan perbuatan gotong royong, maka perjalanan untuk menjadi Jatim makmur akan lebih mudah.

Kampanye damai ini, lanjut dia, juga didukung empat partai pengusungnya yakni, PKB, PDIP, PKS, dan Gerindra. Empat partai ini telah sepakat untuk mendukung terwujudnya kampanye damai.

“Empat partai telah dilebur menjadi satu untuk mengusung kami berdua (Gus Ipul-Puti). Itulah yang menjadikan kami bersemangat dalam pilgub ini, mereka ingin pelaksanaan kampanye berjalan damai,” ujarnya. (goek)

rekening gotong royong