oleh

Angka Covid di Jatim Menurun, Tari: Masyarakat Jangan Lengah, Tetap Disiplin Prokes

SURABAYA – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur, Hari Puteri Lestari, terus mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dalam menjaga protokol Kesehatan (prokes). Sekalipun Provinsi Jawa Timur telah menunjukkan tren pandemi yang membaik, namun euforia apalagi hingga abai diharapkan tidak terjadi. 

“Kita patut syukuri saat ini telah banyak wilayah di Provinsi Jawa Timur, yang status PPKM-nya telah berada pada level 1. Yang paling penting adalah tetap menjaga situasi ini. Kita semua tetap harus menerapkan disiplin prokes,” ujar Tari, sapaan akarabnya, Minggu (19/9/2021).

Legislator PDI Perjuangan dari Dapil IV Jember-Lumajang ini pun terus mengajak seluruh pihak untuk tetap waspada dan jangan lengah untuk tetap menjalankan displin prokes selama pandemi belum sepenuhnya mereda.

“Kita mengapresiasi upaya dan kerjasama dari seluruh pihak serta berbagai elemen yang telah berjuang bahu-membahu, hingga kasus Covid di Jawa Timur ini bisa berangsur menurun. Namun, kita tetap harus waspada, karena situasi Covid yang telah menurun ini bisa jadi meningkat kembali, jika kita abai dan meremehkan disiplin prokes,” jelasnya.

Tari juga mengungkapkan, akibat menurunnya kasus Covid di Jawa Timur, berbagai aktivitas sudah mulai berjalan normal kembali. Hanya saja, Tari meminta dalam beraktivitas masyarakat jangan sampai terlena sehingga mengabaikan prokes.

Karena itu, ia mengingatkan, terdapat beberapa negara lain yang kembali mengalami ledakan kasus Covid-19, lantaran masyarakatnya terbawa euphoria, hingga lengah pada prokes saat Covid-19 mengalami tren penurunan kasus.

“Di beberapa negara yang angka Covid-19-nya telah menurun, namun tak berselang lama, kasusnya kembali meningkat, bahkan sampai dua kali lipat. Hal itu terjadi karena saat situasi Covid mereda masyarakatnya langsung mengabaikan prokes. Kita tidak ingin kasus seperti itu terjadi juga di Jawa Timur, maka kuncinya adalah kita semua tetap harus waspada,” terangnya.

Wakabid Industri, Tenaga Kerja dan Jaminan Sosial DPD PDI Perjuangan Jatim ini melanjutkan, yang tak kalah penting saat ini pemerintah dan masyarakat harus saling bergotong royong untuk melakukan percepatan vaksinasi, untuk mengejar terbentuknya herd immunity, sehingga bisa menekan kembali meningkatnya laju persebaran Covid-19.

“Yang tak kalah penting adalah saat ini kita bisa sama-sama bagaimana untuk terus meningkatkan cakupan vaksinasi, guna mempercepat terbentuknya kekebalan komunal dan mencegah laju perkembangannya Covid-19 meningkat kembali,” pungkasnya. (ryo/set)