oleh

Ahok-Djarot Ungguli Anies-Sandi di Sosmed

JAKARTA – Pasangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat mengungguli pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di sosial media (Sosmed).

Direktur Intrans, Andi Saiful Haq mengatakan, berdasarkan hasil hitungan yang sudah disimulasikan, elektabilitas pasangan Ahok-Djarot unggul dari Anies-Sandi.

“Dari skoring yang sudah disimulasikan itu maka INTRANS menetapkan elektabilitas pasangan calon pada tanggal 26 Maret 2017, dimana Ahok Djarot unggul dengan angka 51.88 % dan Anies-Sandi dengan angka 48,12 %,” kata Saiful, Jakarta, Jumat (31/3).

Menurutnya, dari segi partai, Gerindra dan PKS tampak menyumbang kontribusi sangat besar dalam kampanye Anies-Sandi di Sosmed.

Dalam metrik Sosmed yang diamati Intrans bisa terlihat aktivitas dukungan yang dilakukan oleh jejaring akun resmi Gerindra dan PKS terhadap kubu Anies-Sandi.

“Gerindra dengan jumlah fans terbesar di Facebook Fanpage ditambah kekuatan organik dari followers dan tim PKS, membuat konten Anies-Sandi mampu menyebar dengan cepat, viral dan organik,” jelasnya.

Kubu Ahok-Djarot mampu mengimbangi dengan jejaring media sosial PDIP, akun PDIP adalah Parpol terbesar kedua setelah Gerindra dalam jumlah followers dan fans di Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube.

“Kekuatan Ahok-Djarot bertambah dengan bergabungnya Partai Solidarits Indonesia (PSI) besutan Grace Natalie dkk. Dari analisis dan pemantauan Intrans, PSI beberapa kali membuat terobosan yang tidak pernah dipikirkan oleh parpol pendukung lain,” jelasnya.

Secara kuantitatif dukungan Parpol (PDIP, PSI, Nasdem, Golkar, PKPI, Hanura, PPP, PKB) terhadap pasangan Ahok-Djarot tertinggal tipis dengan audiens sejumlah 4.213.864 akun. Sementara dukungan Parpol (Gerindra, PKS, Perindo) terhadap Anies-Sandi unggul dengan jumlah audiens sebanyak 4.418.004 akun.

Dari segi total engagement berupa Like, Comment, Retwit, Ekspresi, Emotion, Loves, video views dll, Ahok-Djarot unggul dengan total jumlah engagement sebesar 2.139.104. Sementara Anie-Sandi hanya mendapatkan engagement total sebesar 1.705.146.

Namun, Anies-Sandi unggul dengan jumlah share (share, mention, repost, video likes) sebesar 291.359 share. Sedangkan Ahok-Djarot hanya mendapatkan 155.446 jumlah share. (jurnas)