oleh

4 Kecamatan di Magetan Kesulitan Pupuk Subsidi

-Legislatif-27 kali dibaca

MAGETAN – Petani di Kecamatan Karas, Karangrejo, Kartoharjo, dan Kecamatan Barat kesulitan mendapatkan pupuk bersubdi. Keluhan disampaikan petani kepada anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan Joko Suyono SSos dalam menjalankan serap aspirasi selama sepekan ini.

“Selama reses seminggu ini, di empat kecamatan daerah pemilihan saya yang merupakan daerah pertanian, aspirasinya sama. Soal kelangkaan pupuk,” kata Joko Suyono, Sabtu (8/5/2021).

Kelangkaan pupuk, lanjut Joko Suyono, hanya pada pupuk bersubsidi saja. Sedangkan pupuk nonsubsidi tetap ada. “Hanya saja harganya cukup mahal,” katanya.  

Joko Suyono lantas menyontohkan ketersediaan pupuk di Kecamatan Karas seperti diungkapkan petani dalam pertemuan serap aspirasi. Di Kecamatan Karas, 1 hektar lahan hanya mendapatkan 3 sak urea. Padahal petani berharap bisa 5 sak urea per hektar.

Atas keluhan para petani, Joko Suyono akan mencarikan solusi dengan dinas dan pihak terkait. Termasuk soal anjloknya harga gabah yang kerap terjadi justeru saat masa panen. (rud/hs)