30 Bacaleg PDI Perjuangan Kota Kediri Jalani Tes Sehat Jasmani Rohani

Loading

KEDIRI – 30 Bakal caleg PDI Perjuangan Kota Kediri mengikuti medical check up di Rumah Sakit Bhayangkara Kediri, Rabu (3/5/2023). Medical check up berlangsung kurang lebih 2 jam dilaksanakan di salah satu ruangan, lantai 3.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Kediri Purwanto mengatakan, ada 30 bakal caleg yang mengikuti tes hari ini. Tes bagi bakal caleg yang akan bertarung di Pemilu 2024 itu menyangkut keterangan sehat jasmani, rohani serta bebas narkoba.

Teknisnya peserta tes diwajibkan untuk menjawab 566 pertanyaan yang harus ditulis di kertas yang telah disediakan oleh pihak RS.

Setelah tes tulis selesai, peserta diwajibkan untuk tes urine. “Tesnya satu hari. Ada tes tulis sehat jasmani dan rohani bebas narkoba,” jelas Purwanto.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Kediri, Wahyudi dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM mengatakan, dalam proses pencalonan anggota DPRD Provinsi, Kota mau pun Kabupaten ada salah satu syarat yang harus dilengkapi calon. Yakni surat keterangan sehat jasmani rohani dan juga bebas penyalahgunaan narkoba.

“Kalau di Kota Kediri memang rumah sakit atau pun klinik yang bisa memberikan surat itu secara lengkap keseluruhan. Dan hasil koordinasi kita kemarin salah satunya di RS Bhayangkara Kediri. Makanya banyak bakal calon legislatif yang mengurus surat di situ,” paparnya.

Menurutnya KPU Kota Kediri membuka pendaftaran bakal caleg mulai tanggal 1 – 14 Mei 2023. “Proses pendaftaran melalui sistem aplikasi namanya silon (sistem aplikasi pencalonan. Semua dokumen pribadi akan diunggah oleh partai melalui silon tersebut. Nanti partai akan datang ke sini mendaftarkan caleg-calegnya itu,” ujar Wahyudi.

Menurutnya, hingga hari ini belum ada satu pun partai yang mulai mendaftarkan para caleg-nya di KPU Kota Kediri. (putera/pr)