oleh

Wali Kota Blitar Raih Nirwasita Tantra Award

BLITAR – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar. Kali ini adalah penghargaan Nirwasita Award dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Nirwasita Award adalah bukti nyata keseriusan pemkot Blitar dalam memelihara Lingkungan Hidup demi kehidupan masyarakat Kota Blitar yang lebih berkualitas,” kata Samanhudi Anwar, Sabtu (12/08/2017) di Blitar.

Nirwasita Tantra Award adalah penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah yang terbukti memiliki komitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Menurut wali kota yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar ini, tahun 2017 ini merupakan tahun prestasi untuk lingkungan hidup. Selain menerima penghargaan Nirwasita Tantra ini, Kota Blitar juga meraih piala Adipura dan Adiwiyata Mandiri.

“Penghargaan Lingkungan Hidup ini selain hasil kerja keras warga kota yang menjaga kebersihan dan keindahan kota, juga dikarenakan keberhasilan pemkot dalam melahirkan beberapa inovasi inovasi baru dalam bidang lingkungan hidup,” papar dia.

Beberapa inovasi tersebut seperti pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH), edukasi tentang wawasan lingkungan kepada para pelajar dan tumbuhnya kawasan ekowisata baru yakni taman pecut.

“Di antara semua penghargaan tersebut, yang paling berat adalah Nirwasita Tantra Award, karena hanya beberapa daerah yang bisa lolos dan maju dalam tahap wawancara, yakni 8 provinsi, 8 kota dan 12 kabupaten se Indonesia,” pungkasnya. (ven)