Wabup Gresik Ajak Kelompok Nelayan Atasi Stunting dengan Gemar Makan Ikan

 22 pembaca

GRESIK – Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengajak kelompok nelayan Desa Pangkahkulon ikut mengatasi masalah stunting di Kabupaten Gresik.

Hal itu disampaikan Bu Min saat membuka acara jalan sehat bersama kelompok nelayan Pangkahkulon, dalam rangkat menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (16/8/2022).

Wakil bupati yang diusung PDI Perjuangan tersebut menyatakan, jalan sehat bersama ini bukan hanya menjaga kesehatan. Tetapi juga dalam rangka silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat Ujungpangkah.

“Ini wujud kebersamaan dan silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, disamping intinya adalah untuk menyemarakkan hari kemerdekaan RI juga menjaga kesehatan tubuh,” kata Bu Min.

Bu Min mengatakan, sejak Pandemi Covid-19 dua tahun lalu, semua kegiatan keramaian tidak boleh dilaksanakan. Sehingga tidak bisa merayakan peringatan HUT RI secara meriah.

“Alhamdulillah tahun ini kita dapat mememeriahkan HUT ke-77 RI dengan meriah,” imbuhnya.

Pihaknya berpesan kepada masyarakat Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI agar tetap menjaga kebersamaan, kebersatuan dan kekeluargaan.

Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan dan perbaikan gizi pada anak harus serius dilakukan. Mengingat Ujungpangkah termasuk salah satu lokus dalam penanganan stunting.

“Penurunan angka stunting harus segera ditangani. Gemar makan ikan merupakan salah satu upaya dalam pencegahan stunting mengingat kecamatan Ujungpangkah yang mayoritas masyarakatnya adalah nelayan dan petani tambak,” paparnya.

Selain itu, adanya hasil ikan dari nelayan dan petani tambak Ujungpangkah dapat meningkatkan gizi pada anak. Bisa juga dijadikan olahan makanan seperti kerupuk, bonggolan dan lain-lain khas UMKM Ujungpangkah.

Sementara itu, Ketua Ketua Rukun Nelayan Pangkahkulon, Fathur Rozi menambahkan, pelaksanaan HUT ke-77 RI diadakan rukun nelayan bersama Pemdes Pangkahkulon.

“Selain jalan sehat ada juga lomba panjat pinang dan perahu hias yang dilaksanakan besok, Rabu 17 Agustus 2022,” imbuhnya. (mus/hs)