oleh

Terima Penghargaan dari ITB, Ini Memori Pramono Anung

BANDUNG – Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo menerima penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama dari Institut Teknologi Bandung (ITB), di Aula Barat ITB, Kamis (24/8/2017).

Selain Pramono, ITB juga memberikan penghargaan serupa kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pariwisata Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc.

Dalam sambutannya, Pramono Anung menilai, pemberian penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama dari ITB itu merupakan sebuah kehormatan bagi dirinya.

“Terus terang, ketika diberi tahu Bapak Rektor untuk menerima penghargaan ini, saya bertanya kepada diri saya sendiri apakah pantas untuk mendapatkan itu, dan sempat saya tolak karena saya tidak pantas mendapatkan itu?” ungkap Pramono.

Mantan Sekjen PDI Perjuangan ini mengaku, selama ini dia tidak terlalu banyak berinteraksi dengan dunia kampus tetapi lebih banyak pada dunia politik dan pemerintahan. Oleh karena itu, penghargaan ini menimbulkan banyak memori panjang bagi dirinya.

Menurut Pramono, dahulu tahun 1985, saat dirinya masih menjadi mahasiswa ITB, aktif sebagai aktivis mahasiswa, pernah menjadi ketua himpunan, pernah menjadi ketua FKJ (ketua dewan mahasiswa pada masa itu), yang sering menimbulkan masalah bagi kampus.

Sehingga, dirinya menganggap penghargaan ini sebagai penebus dosa atas kejadian di masa lalu.

“Dulu saya nakal sekali di kampus, bahkan beberapa kali plakat di kampus waktu mau ditandatangani pada saat itu, kami yang mencuri. Dan tulisan-tulisan yang nakal-nakal di atas dinding dan sebagainya kami yang melakukan,” kenang Pramono Anung.

Dia menyampaikan bahwa penghargaan ini menjadi sebuah kehormatan bagi dirinya dan keluarga. “Dan menjadi pemicu kami pribadi untuk bekerja lebih keras, lebih giat untuk bangsa dan negara,” ucapnya. (goek)

rekening gotong royong