oleh

Terbitkan Buku Nasionalisme Pelajar, Banteng Lumajang Hadirkan Masa Depan Lebih Baik

-Inspirasi-174 kali dibaca

LUMAJANG – Hari Buku Nasional pada 17 Mei menjadi moment istimewa bagi para pecinta buku. Mereka memperingatinya dengan berbagai kreasi dan inovasi. Muhamad Dandy Kris Indrawan, merayakan Hari Buku Nasional 2021 dengan menerbitkan buku yang berjudul “Bangkitnya Nasionalisme Pelajar di Lereng Mahameru : Kisah Perjalanan GSNI Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme di Kalangan Pelajar”.

Buku yang  memuat strategi para aktivis muda Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) dalam menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme di kalangan pelajar, menjadi satu dokumentasi kesadaran nasionalisme di kalangan pelajar. Bahkan, buku itu menjadi pembeda eksistensi aktivis muda GSNI dibanding para pelajar pada umumnya.

Beberapa tokoh memberikan apresiasi pada terbitnya buku Pengurus PAC PDI Perjuangan Lumajang itu, antara lain Prof. Dr. Hariyono, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Umar Bashor, anggota Komisi 8 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, dan Hari Putri Lestari, anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Fraksi PDI Perjuangan.

“Buku ini sangat bermanfaat sebagai referensi dalam mengarahkan pelajar di era millenial ini. Banyak cara yang dapat diimplementasikan di setiap daerah guna memupuk Pancasila dan Nasionalisme sejak dini,” kata Dandy, sapaan akrab Muhamad Dandy Kris Indrawan, Selasa (18/5/2021).

Dalam menerbitkan buku, Dandy bekerja sama dengan Yopi Aris Widiyanto, perintis GSNI, GMNI, dan GPM di Lumajang. Keduanya juga merupakan guru dan murid saat di SMA Negeri 3 Lumajang.

“Ini merupakan karya awal dalam literasi. Saya berharap, ke depan dapat menambah dan menerbitkan buku-buku lainnya,” harap Dandy.

Selain momentum Hari Buku Nasional, buku tersebut diterbitkan sebagai bentuk upaya mendorong budaya literasi di Kabupaten Lumajang. Hal itu tidak terlepas dari prestasi Kabupaten Lumajang mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Kabupaten Literasi Mitra USAID Prioritas dengan kategori A pada era As’at Malik, Bupati Lumajang periode 2013-2018 yang diusung PDI Perjuangan.

Sementara itu, Hari Putri Lestari Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur mengatakan, bahwa terbitnya buku Dandy dapat memberikan harapan bagi generasi Bangsa Indonesia untuk menatap masa depan lebih optimis.

“Dari buku ini kita melihat sebuah harapan besar pada masa depan bangsa Indonesia lebih optimis. Karena menyelamatkan bangsa besar seperti Indonesia memang harus dimulai dari ruang terdekat dan tidak hanya berupa wacana tapi kerja nyata,” kata Putri Lestari.

Hal senada juga disampaikan Agus Wicaksono, Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jawa Timur. “Bagus bagi pembaca masyarakat umum. Buku ini sudah saya baca sampai habis,” jelas Agus. (ndy/set)