oleh

Tekan Pengangguran, Pemkab Sumenep Cetak Ribuan Wirausaha Muda

SUMENEP – Wakil Bupati Achmad Fauzi mengatakan, Pemkab Sumenep berkomitmen mengembangkan wirausaha muda produktif untuk menekan angka pengangguran.

Keseriusan Pemkab Sumenep ini dibuktikan dengan menggelontorkan anggaran Rp 4 miliar untuk program tersebut di tahun 2017 ini.

Menurut Achmad Fauzi, anggaran tersebut merekat di sejumlah instansi, di antaranya Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora).

Wabup yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Sumenep ini menyebutkan, anggaran miliaran rupiah itu diharapkan mampu memberikan peluang wirausaha kepada masyarakat.

Sedang pelibatan dinas terkait tadi, jelas Achmad Fauzi,  untuk menciptakan wirausahawan muda yang kapabel.

Pihaknya juga berharap kepada SKPD terkait, mampu memberikan perubahan mindset terhadap calon pengusaha muda.

Sedang modal berupa uang yang diberikan bukan tujuan utama, tapi pengetahuan atau pengalaman yang menjadi tujuan utama.

“Jadi, bagi calon wirausahawan itu yang diutamakan bukan modal utama. Jika terus memandang modal berupa uang yang diberikan, maka program wirausaha muda akan gagal,” ujar Fauzi, Rabu.

Seperti diketahui, wirausahawan muda ini merupakan salah satu program unggulan pemerintahan A Busyro Karim-A Fauzi selama 5 tahun. Pemerintah daerah menargetkan mampu mencetak 5.000 wirausahawan muda. (goek)