oleh

Tekan Kasus Covid-19 Pasca Lebaran, Ini Wanti-wanti Eri kepada Lurah dan Camat

-Eksekutif-118 kali dibaca

SURABAYA – Wali Kota Eri Cahyadi minta seluruh lurah dan camat di Kota Surabaya untuk bisa menjaga wilayahnya sebaik mungkin dari kasus penyebaran Covid-19.

Permintaan ini dia sampaikan menindaklanjuti wanti-wanti Presiden Jokowi kepada seluruh jajaran pemerintah pusat maupun daerah tentang besarnya kemungkinan peningkatan kasus Covid-19 setelah Lebaran.

Eri juga minta perangkat pemerintah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat tersebut, kembali membangkitkan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo.

Dia juga minta semua unsur masyarakat untuk menjadi bagian dari satgas pengendalian Covid-19, tidak hanya RT/RW dan pengurus lainnya. Semua unsur harus dilibatkan untuk menjadi bagian dari satgas.

Mulai dari perwakilan karang taruna, kader dan ibu PKK. Dengan begitu semuanya tersentuh, karena kedekatan emosional itu juga berpengaruh,” kata Eri, Selasa (18/5/2021).

Kader Banteng yang akrab disapa Cak Eri itu juga meminta, camat untuk mengetahui mobilitas warga di wilayahnya bekerja sama dengan lurah, RT/RW maupun tiga pilar. Hal ini menjadi penting dilakukan demi mencegah adanya lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran.

“Jangan sampai kota yang sudah kita jaga sepenuh hati ini terjadi lonjakan kasus pasca Lebaran. Tolong bapak ibu, lebih dimaksimalkan satgas dan pengawasan di masing-masing wilayah. Ini demi menekan angka penyebaran Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi kota,” pintanya.

Dia pun berpesan kepada camat dan lurah untuk benar-benar memonitor warganya. Seperti warga yang baru saja pulang dari luar kota, wajib membawa surat keterangan bebas Covid-19 dengan menunjukkan hasil tes swab ataupun rapid antigen.

Namun, apabila ditemukan warga yang tidak memiliki keterangan surat bebas Covid-19, dia minta satgas setempat mengarahkan warga tersebut untuk segera melakukan tes rapid antigen ataupun swab dan juga melakukan isolasi mandiri. “Mohon untuk 3T (tracing, testing dan treatment) lebih dimasifkan,” ujar Eri.

Dia juga menegaskan pentingnya percepatan pendistribusian vaksinasi kepada masyarakat. Harapannya, kesempatan seluruh warga untuk menerima vaksin semakin banyak.

“Sehingga mudah-mudahan seluruh penduduk di Surabaya mendapatkan vaksin secepatnya. Dengan catatan kita harus cepat mendistribusikan,” terangnya. (yols/pr)