oleh

Tadarusan Mulai Isi Malam Ramadhan di Aula Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim

-Headline-254 kali dibaca

SURABAYA “Alif lām mīm. Dżālikal-kitābu lā raiba fīh, hudal lil-muttaqīn….” Awalan firman Allah SWT dalam surat ke-2 kitab suci Al Quran ini terdengar mengalun dari Aula Megawati, kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, beberapa saat setelah pelaksanaan Salat Tarawih berjamaah, Kamis (7/4/2022) malam.

Bak di surau-surau atau mushala di perkampungan dan pesantren, alunan tadarus Al Quran oleh sejumlah hafidz ini berlangsung hingga sebelum jarum jam menunjuk angka 10.00 malam.

Sebelum tadarus dimulai, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno menyampaikan terima kasih kepada para hafidz yang menyempatkan waktunya melantunkan kalam Ilahi sepanjang malam Ramadhan di rumah rakyat.

“Saya mewakili DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menghaturkan terima kasih atas berkenannya panjenengan untuk melantunkan ayat suci Al Quran di gedung ini selama bulan Ramadhan,” ucap Untari, saat membuka dimulainya aktivitas rutin saat Ramadhan di DPD Jatim, yakni Shalat Tarawih berjamaah, Tadarus dan Tadabbur Al-Quran.

Acara mengisi malam-malam di bulan Ramadhan ini setiap tahun selalu dilakukan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Pelaksanaannya melibatkan Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) PDIP Jatim.

Menurut Untari, DPD Jatim sudah lama menanti kehadiran bulan Ramadhan, agar berkah bulan suci ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Jawa Timur.

“DPD Partai ingin bisa ikut menebarkan kebaikan di bulan Ramadhan, di mana Allah SWT membuka seluruh pintu rizki dan rizki itu untuk seluruh hambanya. Jadi kami gelar kegiatan baik ini tidak hanya untuk kader Banteng, tapi juga masyarakat umum,” jelas politisi yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut.

Pada kesempatan itu, Untari menerangkan ikhwal PDI Perjuangan sebagai partai politik yang harus turun berdampingan dengan masyarakat dalam berbagai situasi dan konsisi, tidak terkecuali dengan tata kehidupan bermasyarakat saat Ramadhan.

“Sudah menjadi tugas partai politik, khususnya PDI Perjuangan sebagai pelayan masyarakat, kami menggelar acara ini sebagai upaya tetap hidup berdampingan dengan masyarakat,” terangnya.

Dia pun merasa bersyukur, di Ramadhan tahun ini, PDI Perjuangan bisa memberikan kenyamanan yang lebih baik lagi kepada para hafidz Al-Quran Bamusi Jatim dari tahun sebelumnya. Kini DPD Jatim bisa memberikan fasilitas gedung yang nyaman, dan lebih bersih untuk beribadah warga.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini, bisa terus dilakukan di tahun berikutnya dengan keadaan yang terus membaik. Kalau dulu ibadahnya di bawah, sekarang alhamdulillah bisa di aula Megawati yang sangat nyaman ini,” ujar Untari.

Sementara itu, Wakil Ketua Bamusi Jawa Timur Bidang Dakwah, Ustadz Mukhlis Amal selaku ketua pelaksana acara menyampaikan, kegiatan Shalat Tarawih Berjamaah, Tadarus dan Tadabbur Al-Quran di kantor DPD Jatim akan berlangsung hingga malam 27 Ramadhan, dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan, karena pandemi Covid-19 belum berlalu.

“Untuk mendapat ridho Allah SWT di bulan Ramadhan, kami akan menggelar buka bersama, yang dilanjutkan tarawih, hingga tadarus dan tadabbur Al Quran hingga malam pitu likur (27), yang insya Allah akan ditutup dengan gelar Nuzulul Quran dan pemberian santunan untuk anak yatim,” urainya.

Mukhlis menyatakan, masyarakat dan jajaran Bamusi Jatim mengapresiasi kepedulian jajaran pengurus PDI Perjuangan Jawa Timur atas dukungan yang luar biasa.

“Atas restu dan izin Pak Ketua dan Ibu Sekretaris DPD, alhamdulillah usulan Bamusi Jawa Timur segera ditindaklanjuti untuk menggelar ini. Kami sangat berterima kasih,” ucapnya.

Dirinya berharap, melalui giat itu, seluruh umat Islam di Jawa Timur dapat memperoleh ridho Allah SWT, dan semakin memperluas syiar Islam di bulan Ramadhan. (yols/pr)