Tabur Bunga di Makam Bung Tomo, DPC Surabaya Libatkan Kader Milenial, Abdul Ghoni Ajak Anak PAUD

 77 pembaca

SURABAYA – Memperingati Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021), kader-kader PDI Perjuangan Kota Surabaya ziarah ke makam Bung Tomo dan Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

Dari pihak DPC Surabaya, Wakil Sekretaris DPC Achmad Hidayat dan sejumlah kader usia milenial berziarah dan melakukan tabur bunga di kedua tempat tersebut.

“DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya di bawah kepemimpinan Pak Awi, memberikan ruang bagi generasi muda untuk bisa melakukan pewarisan sejarah,” kata Achmad.

Memaknai semangat kepahlawanan dalam kegotong-royongan menghadapi pandemi Covid-19, Achmad Hidayat mengatakan, Surabaya sebagai Kota Pahlawan telah membuktikan, di bawah kepemimpinan Wali kota dan Wakil Wali Kota, Eri – Armuji telah melalui masa-masa sulit pandemi dengan cara bergotong royong.  

“Kami sampaikan terima kasih atas perjuangan nakes, para relawan kampung tangguh, dan segenap elemen masyarakat Surabaya yang telah bergotong royong sehingga Surabaya kini fokus dalam pemulihan ekonomi,” imbuhnya.

Bersama Anak-anak PAUD

Pada kesempatan berbeda, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya Abdul Ghoni Muhklas Ni’am juga berziarah ke makam Bung Tomo. Ghoni bersama warga Bulak Rukem dan anak-anak dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-kecamatan Bulak.

“Ini merupakan wisata edukasi. Terkadang aneh, kok anak-anak rekreasi di makam seperti ini. Itu yang akan kita tarik sebagai wahana edukasi yang selama ini terhenti karena Covid-19,” ujar Ghoni.

Selain itu, ia juga menjelaskan peran Bung Tomo dalam sejaah kemerdekaan negeri ini. “Maka sejarah jangan sampai putus. Di masa anak-anak perlu pengetahuan, sebab kita perlu mengetahui jasa-jasa pahlawan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Sutomo atau yang akrab disapa Bung Tomo merupakan salah satu pejuang dalam kemerdekaan Indonesia, termasuk dalam pertempuran 10 November. Bung Tomo membakar semangat juang rakyat lewat pidatonya dalam Pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945 yang menjadi tonggak peringatan Hari Pahlawan. (nia/hs)