oleh

Survei PolMark Indonesia juga Tempatkan PDIP Teratas

-Berita Terkini, Kronik-13 kali dibaca

JAKARTA – Tak hanya Litbang Kompas yang hasil surveinya menempatkan PDI Perjuangan teratas dibanding parpol lain dalam hal perolehan suara jika pemilu digelar sekarang.

PolMark Indonesia yang melakukan survei tingkat elektabilitas parpol, hasil surveinya juga menempatkan PDI Perjuangan masih berada jauh di atas dengan keterpilihan 25,1 persen.

“PDI Perjuangan dipilih oleh 25,1 persen responden,” ujar Direktur PolMark Indonesia Eep Saefullah dalam pemaparan survei di SCBD Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Disusul Partai Golkar yang hanya mendapatkan 9,2 persen, dan ketiga Partai Gerindra 7,1 persen. Berikutnya, PKB dengan 6,3 persen, Partai Demokrat 5,3 persen, dan keenam PAN 3,6 persen.

Berikutnya, perolehan di bawah parliamentary threshold 3,5 persen (tak lolos parlemen) yakni NasDem 2,8 persen, PKS dan PPP sama-sama dapat 2,4 persen. Perindo 1,7 persen, Hanura 0,3 persen, PBB 0,2 persen. PKPI, PSI dan Partai Idaman 0 persen.

Sementara yang menjawab golput 1,3 persen. Rahasia 8,5 persen dan tidak tahu tidak menjawab sebanyak 23,8 persen.

Survei dilakukan pada 9 – 20 September. Populasi survei WNI seluruh Indonesia yang memiliki hak pilih. (Baca juga: Jika Coblosan Sekarang, PDIP Raih 30,3 Persen Suara)

Jumlah responden 2.250 orang dengan metode mulstistage random sampling. Margin of error 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam surveinya, Polmark juga menanyakan kesukaan dan popularitas repondennya dengan partai politik.

Hasilnya sejajar dengan tingkat elektabilitas. Kesukaan terhadap PDIP sebanyak 63,2 persen, Golkar 58,6 persen, Demokrat 51,2 persen, Gerindra 46,9 persen.

Sedang survei mengenai tokoh yang dipilih publik sebagai calon presiden pada saat ini, hasilnya, Joko Widodo tetap memeroleh elektabilitas tertinggi dibanding tokoh lainnya.

“Jika pilpres digelar hari ini, sebanyak 41,2 persen memilih Jokowi,” ujar Eep.

Sedang posisi kedua ditempati Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dengan pilihan sebanyak 21,0 persen responden.

Tokoh-tokoh lainnya, keterpilihannya, sesuai hasil survei PolMark Indonesia, hanya mendapat suara di bawah 2,9 persen.

Hasil survei PolMark Indonesia juga menunjukkan bahwa sebanyak 44,3 responden menginginkan Jokowi terpilih kembali menjadi presiden pada pilpres 2019. (goek)