oleh

Surabaya Diundang Ikuti Pameran Taman Internasional

SURABAYA – Pemkot Surabaya mendapat undangan khusus untuk mengikuti pameran taman internasional di Kota Nanning, Tiongkok, pada 2018 mendatang. Undangan tersebut disampaikan langsung oleh delegasi Pemkot Kota Nanning saat berkunjung ke Balai Kota Surabaya, Selasa (20/12/2016).

Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, Pemkot Nanning menginginkan ada 10 negara ASEAN ikut berpartispasi dalam pameran taman internasional tersebut. Surabaya dipilih untuk mewakili Indonesia.

“Mengapa Surabaya? Karena mereka tahu bahwa untuk taman, di Indonesia ini paling bagus ya di Surabaya. Terlebih kita punya Taman Bungkul yang pernah mendapatkan penghargaan internasional,” kata Whisnu, usai pertemuan.

Wawali yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini menambahkan, pemkot akan terus mengembangkan taman lebih bagus lagi.

Menurut dia, dengan mengikuti pameran internasional, akan menambah wawasan bagi pemkot, dalam hal ini dinas kebersihan dan pertamanan (DKP). Apalagi, sebutnya, Wali Kota Tri Rismaharini punya cita-cita membangun taman internasional di Keputih.

“Dengan ikut berpartisipasi di pameran ini, akan bisa menjadi inspirasi untuk mengembangkan taman. Tapi yang jelas, kami menunggu kebijakan beliau (wali kota),” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Nanning, Zhang Wei berharap, hubungan antara Nanning dan Surabaya tidak hanya dalam berpartisipasi di pameran taman internasional. Dia berharap hubungan kedua kota berlanjut dalam bentuk Sister City.

“Nanning dan Surabaya ini kondisi geografis dan keadaan kota nya memiliki kemiripan. Kami ingin menjalin kerja sama lebih erat dengan Surabaya di berbagai bidang dalam bentuk Sister City,” ujarnya.

Sedang Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Surabaya, Gu Jingqi yang sudah satu bulan tinggal di Surabaya, mengaku nyaman dengan keindahan Kota Pahlawan yang dipenuhi dengan taman-taman.

“Kota ini terbaik dengan wali kota terbaik. Saya berharap hubungan dua kota ini bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Ikut hadir dalam rombongan delegasi Nanning, Director Nanning Foreign Affairs and Overseas Chinese Affairs Office, Peng Jiang, dan Director Nanning Taiwan Affairs Office, He Jianshuang. (goek)

rekening gotong royong