Serikat Buruh se-Jatim Kompak Menangkan Gus Ipul-Puti

Loading

SURABAYA – Pasangan Cagub-cawagub Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno kembali dapat dukungan dari kalangan serikat pekerja. Setelah SPSI, pasangan nomor urut 2 di Pilkada Jatim 2018 ini mendapat dukungan dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur.

Ketiga serikat pekerja dengan anggotanya yang menyebar di seluruh Jawa Timur itu total mendukung dan siap memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti di Pilgub Jatim.

“Untuk memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti, kami akan keliling seluruh Jawa Timur. Kantong-kantong buruh akan kami masuki,” kata Jazuli Sekjen KSPI Jawa Timur.

Langkah untuk memenangkan pasangan ini sudah disiapkan dengan melakukan konsolidasi pemenangan di Surabaya, Kamis, 5 April 2018 kemarin.

Menurut Jazuli, saat ini kawasan ring satu Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan Pasuruan sudah disisir. Selanjutnya kawasan di luar ring satu juga akan mereka masuki.

“Tanggal 9 nanti kami juga akan ke daerah pinggiran seperti Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Madiun untuk konsolidasi dengan serikat pekerja buruh di sana,” ujar Jazuli.

Menurut Jazuli, seluruh serikat pekerja atau buruh saat ini memberikan sambutan yang sangat baik bagi pasangan Gus Ipul-Puti. “Kami para buruh sudah lama kenal Gus Ipul. Selama 10 tahun menjadi wakil gubernur, hanya Gus Ipul yang peduli ke kami,” ungkapnya.

Bahkan setiap ada masalah perburuhan atau pengupahan, para buruh ini terlebih dahulu konsultasi dengan Gus Ipul. Karena keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini dinilai merupakan sosok yang paling mengerti persoalan ketenagakerjaan.

“Gus Ipul, pemimpin baik cerdas mengerti kondisi tenaga kerja merakyat dan mudah bergaul dengan siapapun termasuk dengan kami,” jelas dia.

Karenanya saat puncak peringatan hari buruh 1 Mei 2018 mendatang, para Buruh ini rencananya akan menggelar apel akbar pemenangan Gus Ipul-Mbak Puti.

Sementara itu, Gus Ipul mengapresiasi dukungan para pekerja ini. Menurut dia, ada dua titipan dari para pekerja ini jika dirinya terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur.

“Kesejahteraan dan kesenjangan upah di luar ring satu sangat jauh karena mencapai 130 persen. Ini yang nanti harus dirumuskan penyelesaiannya,” kata wakil gubernur Jawa Timur dua periode ini.

Selain itu, titipan para pekerja pada Gus Ipul adalah hak cuti khusus perempuan. “Waktu istirahat bagi pekerja perempuan yang melahirkan harus ditambah,” ujarnya. (goek)