oleh

Ristu Nugroho Dorong Pers Terus Adaptasi Teknologi Digital

-Legislatif-43 kali dibaca

MADIUN – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Ristu Nugroho mengucapkan selamat Nasional Hari Pers Nasional 2022 kepada seluruh insan pers Indonesia, wabil khusus Kabupaten dan Kota Madiun.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini juga mendorong agar pers senantiasa beradaptasi dengan teknologi digital.

Ristu menyebut, di era digital sekarang ini, kemajuan teknologi seperti big data, artificial intelligence, dan metaverse dapat memperkaya kebutuhan data serta analisis untuk produksi dan distribusi konten industri media.

“Orientasi industri media yang baik akan tercermin dari jurnalisme yang berkualitas berbasiskan data, analisis dan pendekatan teoritis yang memadai,” kata Ristu, di Kabupaten Madiun, Rabu (9/2/2022).

Legislator Banteng asli Madiun yang akrab Mbah Tu ini menambahkan, dunia terus didorong untuk melakukan transformasi digital di tengah berbagai keterbatasan yang timbul akibat pandemi. Hal ini juga penting dilakukan insan pers demi menemukan model bisnis baru media.

“Perubahan besar yang diakibatkan oleh kemajuan teknologi digital menjadi orientasi, sekaligus solusi yang dapat menembus keterbatasan, memperluas perspektif dan jangkauan,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini sekaligus mempercepat proses di berbagai lini kehidupan, tentunya termasuk di industri media.

“Selamat Hari Pers Nasional 2022 kepada seluruh insan pers. Mari membangun kedaulatan nasional di bidang teknologi informasi dan digitalisasi media,” ucapnya. (ant/pr)