oleh

Risma Raih Penghargaan ‘Inspirational Leader’ di Singapura

SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali meraih penghargaan internasional. Kali ini yang disabet Risma adalah penghargaan GovInsider Innovation Awards 2017 untuk kategori “Inspirational Leader”.

Penghargaan tersebut diberikan di Innovation Labs World, Singapura, pada Selasa (26/9/2017)

Atas penghargaan itu, Risma mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf Pemkot Surabaya yang turut membantu dirinya membuat e-governance.

Dia mengatakan, tidak mudah mengimplementasikan program e-governance di Surabaya.

“Kalian tahu, ketika saya ingin menerapkan program ini, banyak tekanan yang mengarah kepada saya dan keluarga. Karena bantuan semuanya bisa berjalan,” kata Risma, sebagaimana siaran pers kepada media, Rabu (27/9/2017)

Program e-govermence digalakkan Risma untuk memangkas praktik-praktik korupsi dan membuat semua transaksi keuangan dari segala bidang di Kota Surabaya menjadi transaparan.

Penghargaan yang diterima Risma itu tidak lepas dari keberhasilan Pemkot Surabaya dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam sistem birokrasi maupun berinovasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Saat menyampaikan sambutan penerimaan penghargaan, Risma sempat meaparkan beberapa inovasi yang telah dikembangkan Pemkot Surabaya.

Di antaranya upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus perizinan melalui Surabaya Single Windows.

Inovasi tersebut, jelast dia, juga dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan di bidang kesehatan melalui e-health yang bisa diakses melalui e-Kios di puskesmas dan kecamatan.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser mengatakan, penghargaan yang diterima Risma mengapresiasi pemimpin yang berhasil membuat inovasi dalam pelayanan publik.

Menurutnya, Risma lolos penilaian yang dilakukan tim panel internasional dari kalangan pemerintah, lembaga, dan non-government organization (NGO).

Seperti diketahui, Selasa pekan lalu, Risma baru pulang ke tanah air setelah menerima penghargaan Learning City dari UNESCO di Cork, Irlandia. (goek)