oleh

Risma Harus Tetap Siap Sewaktu-waktu Ditunjuk jadi Cagub DKI

pdip-jatim-risma-pengajian-medoan-ayuJAKARTA – Politisi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari minta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tetap siap, jika sewaktu-waktu partai memutuskan dirinya sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Sekretaris Badiklat DPP PDI Perjuangan ini menilai, Risma tak bisa menolak seandainya partai mencalonkan dirinya sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

“Bu Risma harus tetap siap-siap atau stand by jika dalam proses ini diminta maju. Petugas partai memang harus seperti itu,” kata Eva Sundari, Sabtu (20/8/2016).

Apalagi, sebut Eva, Risma adalah salah satu opsi PDIP di Pilgub DKI 2017. Sebagaimana diketahui, PDIP punya tiga opsi, yakni mengusung cagub petahana yakni Ahok, mengusung cagub dari kalangan internal kader, dan mengusung orang selain dari dua opsi itu.

“Mbak Risma ada di salah satu antara tiga opsi DPP PDI Perjuangan untuk Pilkada DKI Jakarta,” jelasnya.

Sampai sekarang, belum ada keputusan resmi dari PDI Perjuangan terkait calon gubernur yang akan diusung dalam Pilkada 2017 mendatang. Oleh karena itu, segala kemungkinan masih terbuka.

Dikabarkan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah merestui format pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat di Pilgub DKI 2017.

Eva mengakui ada sebagian anggota partai yang mendukung Ahok. Namun, hal itu tak menjamin sang gubernur akan dipilih oleh PDIP.

Anggota Komisi XI DPR RI ini menjelaskan, sikap Ahok yang tidak konsisten dan sempat menyudutkan partai politik membuat sebagian kader PDIP berpikir dua kali untuk mendukungnya.

“Banyak kader sakit hati dengan sikap Ahok. Tapi apapun itu, kader tetap solid dan akan selalu mendukung siapa pun pasangan yang akan diputuskan DPP PDI Perjuangan,” ucap legislator asal dapil 6 Jawa Timur itu.

Risma dalam beberapa kesempatan mengungkapkan keengganannya maju ke Pilgub DKI 2017. Terbaru, dia menenangkan warganya yang berpuisi soal kekhawatiran ditinggal Risma ke Jakarta.

“Ada yang narik saya ke sana- ke sini. Tapi jangan khawatir, saya masih bertahan di sini,” kata Risma, saat di acara pembukaan pameran pendidikan non formal, Widya Wahana PNFI 2016 di Balai Pemuda, Surabaya, kemarin. (goek)

rekening gotong royong