oleh

Risma, Djarot dan Yusril Punya Peluang Sama

pdip-jatim-ilustrasi-pilkada-dki-jakartaJAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Yusril Ihza Mahendra ‎punya peluang sama untuk dicalonkan PDI Perjuangan dalam Pilgub DKI 2017.

“Masyarakat DKI nantinya yang menentukan dan menyuarakan, siapa di antara mereka yang paling layak memimpin DKI,” kata Hasto, kemarin.

Terkait tahapan penjaringan dari total 32 bakal calon, akan dikerucutkan menjadi lima kandidat untuk kemudian dipadukan dengan lima kandidat yang dipetakan DPP PDI Perjuangan sebagai kepala daerah yang dianggap berhasil dari kader internal.

“Kemudian mereka memaparkan gagasan-gagasan terbaiknya untuk Jakarta,” jelasnya.

Mereka nantinya akan diminta untuk memberikan kontribusi pemikiran, bagaimana menghadapi permasalahan di DKI seperti mengatasi kemacetan sistemik hingga problematika terkait penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat DKI.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, calon gubernur yang diusung PDI Perjuangan harus mampu menyelesaikan persoalan reklamasi di Teluk Jakarta. Sebab, terdapat permasalahan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) yang belum terpenuhi hingga saat ini.

“Secara khusus reklamasi memang mendapatkan tanggapan yang sangat luas. Ada persoalan yang sangat serius terkait Amdal yang belum terpenuhi. Di situ juga ada kepentingan yang mencoba mendorong dan mengontrol kebijakan Pemprov DKI,” ujarnya. (goek/*)